Home  / Politik
Gibran Ikut Cawalkot Solo, Jokowi: Tanyakan ke Anaknya
Kamis, 12 Desember 2019 | 14:36:29
(CNBC Indonesia/Chandra Gian Asrama)
Foto: Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis (12/12/2019).
BEKASI - Presiden Joko Widodo buka suara perihal langkah putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Semarang, Kamis (12/12/2019).

Ditemui usai menghadiri acara peresmian jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated di KM 38+400, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019), Jokowi menghormati langkah Gibran.

"Kan sudah saya sampaikan bolak-balik bahwa itu sudah menjadi keputusan. Tanyakan langsung ke anaknya," ujarnya.

Eks Wali Kota Solo itu pun membantah apabila keputusan Gibran merupakan jalan mewujudkan dinasti politik. Sebab, pemilihan kepala daerah merupakan sebuah kompetisi yang bisa berakhir dengan kemenangan maupun kekalahan.

"Terserah rakyat yang memiliki hak pilih. Siapapun punya hak pilih dan dipilih. Ya kalau rakyat ga memilih gimana? Ini kompetisi bukan penujukkan. Beda. Tolong dibedakan," kata Jokowi.

Hari ini, Gibran resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di kantor DPD PDIP Jawa Tengah. Ia diantarkan oleh ibu negara Iriana Jokowi, istri Selvi Ananda, dan para relawan yang mengantarkan dari Solo.

"Hari ini saya sudah sah mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota solo untuk tahun 2020-2025. Terima kasih kepada jajaran pengurus DPD PDIP Jateng yang sudah menerima saya dengan baik," kata Gibran.

Sebelumnya, saat berkumpul di Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Kamis (12/12/2019), Gibran mengatakan tekad untuk terus maju menjadi pemimpin di kota itu.

"Pagi ini kita berkumpul di sini bukan hanya untuk mengantar seorang Gibran mendaftar di DPD PDIP Jawa Tengah di Semarang. Tapi kali ini kita berkumpul di sini, kita disatukan oleh cita-cita yang sama. Apa yang menyatukan kita? Cita-cita agar Solo melompat lebih maju," katanya, Kamis (12/12/2019), seperti dilansir detik.com.

"Perlu saya garisbawahi lagi, melompat, melompat untuk lebih maju. Kita sudah tidak bicara lagi masalah perubahan, kita bicara masalah lompatan, kita bicara masalah percepatan. Melompat agar lebih sejahtera lagi masyarakatnya," lanjut Gibran.

Langkah Gibran mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo via DPD PDIP Jateng tak lepas dari dinamika yang ada di Solo. Seperti diketahui, DPC PDIP Solo telah memiliki calon yang dijagokan, yaitu Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. Purnomo saat ini menjabat Wakil Wali Kota di Solo, sedangkan Teguh saat ini menjabat Sekretaris DPC PDIP Kota Solo.

Seperti dilaporkan detik.com, Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menegaskan tidak akan mengubah keputusan DPC untuk memperjuangkan pasangan Purnomo-Teguh sebagai pasangan yang direkomendasikan.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kasus `Bullying` Teman Alkid Solo, 8 Remaja Dijemput Polisi
Wali Kota Solo Pindah Rumah Dinas, Begini Tampilan Hunian Barunya
Zulkifli Hasan Respons Amien Rais soal Mentor Politik Gibran
Amien Rais Kritik PAN soal Zulkifli Hasan Jadi Mentor Gibran
Kabar Duka: Wali Kota Banjarbaru Meninggal Akibat Covid-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter