Home  / Politik
Banyak Caleg Petahana dan Artis Dinilai Kurang Berikan Pendidikan Politik
Minggu, 24 Maret 2019 | 17:55:09
(Foto: Okezone)
Ilustrasi Pemilu
JAKARTA - Lembaga riset Indomedia Poll menyatakan bahwa banyak Calon Legislatif (Caleg) dari petahana dan kalangan artis kurang memberikan pendidikan politik ke masyarakat dalam Pemilu 2019 mendatang.

Hal tersebut diketahui dari survei yang dilakukan terhadap beberapa caleg dari Partai Politik (Parpol) berbasis idiologi nasionalis. Riset tersebut dilakukan di 80 Daerah Pemilihan (Dapil) para caleg.

"Banyak caleg petahana dan yang populer seperti artis kurang terdengar menawarkan platform kebangsaan," kata Direktur Media dan Riset Indomedia Poll Hamzah Fansuri dalam diskusi bertajuk Konfigurasi Caleg Nasionalis 80 Dapil di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Menurutnya, keadaan berbalik justru ditunjukan oleh Caleg yang baru muncul di Pemilu 2019 ini. Pasalnya, kata dia, Caleg baru itu justru lebih berani tampil agresif dengan menawarkan konsep yang sejalan dengan visi nasionalis.

"Caleg baru justru lebih agresif dan berani dalam menawarkan konsep-konsep nasionalis," tutur Hamzah.

Padahal, kata dia, pendidikan politik adalah merupakan hal yang harus dilakukan para Caleg kepada masyarakat. Tujuannya, adalah agar proses demokrasi dapat berjalan dengan sehat.

"Hanya beberapa caleg yang menaruh perhatian pada pentingnya mengedukasi publik lewat visi misi dan tawaran program yang mendapat apresiasi dari publik," ujar Hamzah.

Metode survei ini sendiri dilakukan dengan studi kualitatif. Hal ini menepatkan pada korelaai data statistik dengan riwayat masing-masing Caleg.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Waspada Caleg Stres Usai Pemilu
Awas! Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Penyakit Ini
Gubri Minta Walikota/Bupati Kurangi Bea Hak Atas Tanah dan Bangunan
Sempat Buron, Caleg PKS yang Diduga Cabuli Anak Kandungnya Ditangkap
Cornel Simbolon Caleg DPR RI Partai Demokrat Sambangi Masyarakat Bengkalis

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad