Home  / Politik
KPU dan Parpol Validasi Desain Surat Suara Pemilu 2019
Jumat, 4 Januari 2019 | 20:59:44
Photo : VIVA.co.id/ Eka Permadi
KPU validasi desain surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2019.
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memanggil semua perwakilan partai politik dan tim pemenangan pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, untuk melakukan persetujuan atas desain surat suara Pemilihan Umum Presiden dan Pemilihan Umum Legislatif DPR 2019.

"Hari ini kami melanjutkan lagi satu tahapan pemilu yang memasuki masa validasi dan approval surat suara untuk pemilu DPR  RI dan Pilpres," kata Ketua KPU Arief Budiman di gedung KPU RI Jakarta, Jumat 4 Januari 2019.

Arief menambahkan, untuk validasi dan approval surat suara DPRD dan DPD dilakukan oleh KPUD di masing-masing provinsi, kabupaten dan kota masing masing. 

Menurut Arief, approval dan validasi yang akan ditandatangani perwakilan partai dan tim pemenangan capres cawapres itu, merupakan rangkaian akhir proses pengadaan surat suara untuk Pemilu 2019.

"Ini merupakan bagian akhir dari rangkaian panjang yang dimulai dari pendaftaran caleg, penetapan daftar calon sementara (DCS) hingga penetapan daftar calon tetap (DCT)," ujarnya.

Dengan ditandatanganinya desain surat suara ini maka proses pencetakan akan segera dilakukan. Namun partai politik masih mempunyai tiga hari masa sanggah, misalnya jika ada nama calon anggota DPR RI yang salah penulisan nama. 

"Hari ini tanda tangan approval hari ini pemenang lelang sudah final, sekarang masa sanggah, kemudian proses produksi sudah bisa dimulai," ujarnya.

Dalam penandatanganan ini hanya perwakilan dari partai PKPI yang belum hadir. "Mohon panitia bisa hubungi PKPI," katanya. 

Perwakilan partai politik yang hadir diharuskan menandatangani 80 lembar desain suara suara yang sudah di approval dan validasi oleh KPU. 

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tingkatkan PAD, Bapenda Kuansing Validasi Data PBB-P2
Pengakuan Mengejutkan Guru SMP Penyebar Hoax Surat Suara 7 Kontainer
Bagus Bawana Jadi Tersangka Pembuat Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos
BREAKING NEWS: Polisi Bekuk Pembuat Konten Hoaks Surat Suara Tercoblos
Penjelasan Polisi Soal Kabar Geruduk Rumah Andi Arief di Lampung

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad