SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / Peristiwa
Detik-detik Densus 88 Tangkap Munarman Usai Salat dan Tanpa Perlawanan
Rabu, 28 April 2021 | 05:13:35
(Foto: Dok Okezone)
Munarman ditangkap dan ditutup matanya saat tiba di Polda Metro Jaya
JAKARTA - Densus 88 Antiteror menangkap mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman di kediamannya di Perumahan Modern Hills, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa 27 April 2021 sore.

Ketua RT Kikied Wirawandika mengatakan, pihaknya memang sudah mendapatkan informasi akan adanya penangkapan paksa tersebut. Kata dia, Munarman ditangkap usai menjalani ibadah salat Ashar, dan disaksikan oleh istri dan tiga anaknya.

"Beliau sempat salat Ashar sekira pukul 15.30-15.35 WIB dan langsung dibawa ke Polda menggunakan mobil. Ada keluarga beliau saat penangkapan, ada istri dan tiga anaknya," katanya, Selasa (27/4/2021).

Dia memastikan, pihak keluarga tidak melakukan perlawanan. Bahkan, dia mengantar petugas masuk ke dalam rumah. Alhasil, peristiwa tidak diinginkan pun dapat dihindarkan.

"Saya sempat meminta izin kepada istri Munarman untuk mengantarkan petugas masuk ke dalam rumah. Beliau respon juga. Tidak ada perlawanan sama sekali. Berlangsung lancar," sambung Kikied.

Dalam video penangkapan yang beredar, Munarman bahkan tidak diperkenankan untuk memakai sendal saat hendak dibawa menuju Polda Metro Jaya.

"Ini tidak sesuai hukum ini, saya (mau) pakai sendal," kata Munarman.

"Sudah nanti saja. Tidak usah," ucap petugas merespons pernyataan Munarman saat ditangkap.

Munarman kemudian dibawa ke Polda Metro Jaya dengan mata ditutup kain hitam dan tangan diborgol dengan kabel ties. Munarman juga masih terlihat mengenakan baju koko putih dengan sarung seperti awal saat dia ditangkap di rumahnya.

Polisi pun langsung bergerak cepat melakukan penggeledahan di kediaman Munarman dan bekas markas FPI di Petamburan, Jakarta. Tim Densus 88 menyita serbuk dan cairan TATP yang mengandung senyawa aseto sebagai bahan peledak.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa cairan dan serbuk tersebut mirip dengan yang ditemukan di Condet, Jakarta Timur dan Bekasi.

"Ada bebebarapa botol plastik yang berisi cairan TATP, yang menjadi bahan peledak yang mirip yang ditemukan di Condet dan Bekasi beberapa waktu lalu. Ini akan didalami tentang isi kandungan tersebut," kata Ramadhan saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa 27 April 2021.

Selain itu, sambung dia, penyidik juga menemukan beberapa dokumen dan dan atribut FPI. Kemudian bahan peledak lain yakni berupa serbuk yang berada di dalam botol.

"Kemudian beberapa tabung yang isinya adalah serbuk yang dimasukan ke botol yang serbuk tersebut menganudung nitrat tinggi mengandung asenton," tutur dia.

Sementara itu, eks pengacara FPI Aziz Yanuar mengatakan, bahwa dirinya mendapatkan informasi bahwa yang ditemukan itu merupakan cairan pembersih WC atau toilet yang digunakan dalam acara bersih-bersih masjid.

"Itu infonya bahan pembersih WC yang digunakan dalam acara bersih-bersih masjid," ujarnya saat dikonfirmasi Okezone.
Baca juga: Penangkapan Munarman Jadi Trending Topik di Twitter

Ia pun tak ingin berspekulasi terlalu jauh sebab dirinya bukanlah ahli kimia. Sementara sebelumnya, Pusat labolatorium forensik (Puslabfor) Polri akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti cairan TAPT, dan serbuk yang disita dari bekas markas FPI di Petamburan. Pemeriksaan dua benda tersebut untuk memastikan benda tersebut merupakan bahan peledak.

Densus 88 Antiteror menangkap Munarman karena diduga terkait dengan rangkaian proses baiat diduga ke jaringan teroris yang dilakukan di Jakarta, Makassar, Sulawesi Selatan dan Medan, Sumatera Utara.

(sumber: okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polisi Tangkap 11 Debt Collector yang Kepung Prajurit TNI Serda Nurhadi
Rampok Sial Asal Jambi Ditangkap Sebelum Beraksi di Pekanbaru
Munarman Pengacara Rizieq Shihab Ditangkap Densus 88
Desa Tajir Inhu Heboh Perangkat Desa Ditangkap, Petugas Sita Uang dan Dokumen
KPK Sita Rekening Koran Aliran Uang Edhy Prabowo ke Biduan Betty Eslita

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter