Home  / Peristiwa
AJI: 25 dari 34 Jurnalis Alami Kekerasan Seksual, Paling Banyak Saat Liputan
Sabtu, 16 Januari 2021 | 19:36:33
(Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang wartawan membentangkan poster saat aksi solidaritas tolak kekerasan terhadap jurnalis di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (14/11/2014).
JAKARTA - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta merilis hasil survei terkait kekerasan seksual di kalangan wartawan. Hasilnya, AJI mengungkapkan bahwa 25 dari 34 jurnalis yang menjadi responden pernah mengalami kekerasan seksual.

Adapun survei disebarkan kepada jurnalis di seluruh Indonesia sejak Agustus 2020. Namun, hanya 34 responden yang berani mengisi survei tersebut.

"Ada 34 jurnalis dari berbagai kota yang mengisi survei kami, 25 responden pernah mengalami kekerasan seksual," kata Koordinator Divisi Gender, Anak, dan Kelompok Marjinal AJI Jakarta Widia Primastika dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (16/1/2021).

Dari total 34 responden, 31 di antaranya berjenis kelamin perempuan, sementara sisanya laki-laki. Dia mengatakan 21 responden yang mengisi survei pernah mengalami kekerasan seksual berasal dari jabatan reporter.

"Jenis media dari responden kami juga beragam, ada online, cetak, televisi, dan radio. Dan kebetulan responden kami yang mengisi kawan-kawan dari media online," ujar Widia.

Menurut dia, 15 responden mengaku mengalami kekerasan seksual saat meliput berita. Kemudian, 15 responden mengalami kekerasan seksual di luar waktu kerja dan liputan. Namun, masih berhubungan dengan pekerjaan.

Kekerasan Seksual di Kantor
Sebanyak 8 responden mengalami kekerasan seksual di kantor dan saat acara pertemuan jurnalis 1 responden. Widia mengatakan pihaknya memperbolehkan responden mengisi jawaban lebih dari satu.

"Saat kami menanyakan bentuk kejadian kekerasan seksual, ada lebih dari 25 jawaban. Artinya, mereka pernah mengalami kekerasan seksual lebih dari satu kali," jelasnya.

(sumber: liputan6.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Liputan6.com Raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020
Polsek Tanah Putih dan TNI Kembali Laksanakan Ops Yustisi Terhadap Pengguna Jalan dan Pelaku Usaha
Jokowi Teken PP Hukuman Kebiri Kimia Bagi Pelaku Kekerasan Seksual Anak
Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Patroli Terhadap Karhutla
Jurnalis Perempuan Afghanistan Malala Maiwand Ditembak Mati

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter