Home  / Peristiwa
Seorang Pelajar di Kuansing Pekerja Peti ilegal Tewas Usai Menyelam dan Tertimbun Longsor
Minggu, 27 September 2020 | 23:04:56
riaueditor

PEKANBARU, riaueditor.com - Aktivitas penambangan emas tanpa izin (Peti) kembali makan korban di Kabupaten Kuantan Sengingi (Kuansing) Riau.

Korbannya kali ini, seorang pelajar SMA kelas 3, berinisial ROF (17), warga Dusun Dua Desa Sungai Alah Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing, ditemukan meninggal dunia setelah menyelam dan tertimbun pasir, Minggu (27/9).

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, korban ROF yang diketahui seorang pelajar kelas 3 sebuah SMA di Kuansing itu diketahui meninggal dunia tertimpa tanah longsor saat korban bersama pekerja lainnya melakukan aktifitas dompeng emas bersama PE (39) pemilik Peti sekaligus pekerja, TQ (37) dan EP (37).

"Saat itu, korban ROF mendapat pembagian pekerjaan melakukan penyelamanan ke dasar kolam sedalam lebih kurang 1 - 1 1/5 meter dengan dilengkapi selang oksigen untuk membawa spiral (alat akan menyedot tanah) yang diharapkan ada campuran emas di dasar kolam. Tiba-tiba tanah tersebut longsor dan menimbun korban," kata Sunarto, Minggu malam.

Rekan-rekan korban sesama pekerja yang menyaksikan kejadian itu, bukannya berusaha menolong, tapi memilih kabur.

Korban pun berhasil di temukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 11.30 Wib, setelah Kepala Desa yang mendapat informasi melakukan pencarian bersama warga sekitar.

"Saat ini pihak Polres Kuansing sedang memburu rekan korban yang ikut melaksanakan aktifitas Dompeng emas tersebut," ujar Sunarto.

Dari keterangan orang tua korban, kata Sunarto, anaknya itu ikut sebagai pekerja Peti sejak dua minggu yang lalu.

Sunarto menghimbau agar masyarakat betul-betul sadar hukum bahwa aktifitas Peti yang dilakukannya merupakan tindakan pidana, ada sanksi hukuman penjara bagi para pelakunya, serta dapat merusak lingkungan dan membahayakan jiwa pekerja dan orang lain.

"Para pekerja Peti yang masih nekat beroperasi semestinya dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga dari kejadian sebelumnya di Desa Serosa Kecamatan Hulu Kuantan dimana 6 pekerja tewas tertimbun longsor," kata Sunarto. (R11)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Peringati Hari Santri Nasional 2020 di Bengkalis Kapolda Riau Berbasahan Dengan Ribuan Santri
Serikat Pekerja PT Meskom, Omnibus Law UU Cipta Kerja Untungkan Buruh
Cegah Karhutla di Wilayahnya, Polsek Pangkalan Kuras Lakukan Sosialisasikan Maklumat Kapolda Riau
Sopir Diduga Mengantuk, Honda Mobilio Tabrak Truk Tronton di Tol Pekanbaru Dumai, Dua Meninggal Dunia
Mahasiswa Gadungan, Provokator Perusak Mobil Polisi Saat Demo Tolak Omnibus Law Ditangkap

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter