Home  / Peristiwa
Kronologi Bentrok Ormas FBR-Pemuda Pancasila Versi Polisi
Senin, 7 September 2020 | 15:49:18
(Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Bentrokan Ormas antara Pemuda Pancasila dan FBR di Ciledug, Tangerang disebut dipicu oleh hoaks terkait pelemparan batu dan balas dendam.
JAKARTA - Bentrokan antara ormas Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP) di wilayah Ciledug, Tangerang Kota, Minggu (6/9) malam, disebut dipicu oleh kabar hoaks.

Kapolsek Ciledug Kompol Ali Yusron menjelaskan peristiwa itu bermula saat rombongan PP pulang dari arah Cibodas, Bogor menggunakan 10 mobil. Dua di antaranya merupakan mobil ormas.

Sampai di daerah Petukangan, Jakarta Selatan, ada batu kerikil yang mengenai salah satu mobil rombongan tersebut.

"Tiba-tiba ada kepletikan kerikil entah dari mana gitu. Dari PP nyari siapa yang lempar ya, enggak ketemu orangnya," kata Ali saat dihubungi, Senin (7/9).

Rombongan itu lantas melanjutkan perjalanan ke arah Kreo. Di lokasi itu, mobil sempat menyenggol seorang tukang parkir, yang ternyata masih berkerabat dengan anggota FBR.

"Pemicu mereka di [kabar] hoaks. Yang dari sana (PP) tadi nimpuk [memakai batu kerikil] dikira FBR, yang [FBR] ini dikira nyari dendam. Ini kan berita hoaks yang memicu," ujar Ali.

Akibat kesalahpahaman itu, bentrokan terpicu. Apalagi kemudian beredar di media sosial video dan foto yang memperlihatkan aksi bentrokan antar ormas tersebut.

Namun, kata Ali, aparat langsung menuju ke lokasi untuk meredakan situasi antara kedua ormas.

"Iya [salah paham], mereka enggak ada masalah, itu yang beredar di medsos banyak kejadian lama," tutur Ali.

Kedua ormas, kata dia, juga telah bersepakat untuk membuat deklarasi damai. Ali memastikan bahwa tak ada korban jiwa dalam bentrokan tersebut.

Sebelumnya, di media sosial banyak beredar rekaman video yang memperlihatkan aksi bentrokan antar ormas di Ciledug. Salah satunya diunggah akun Instagram @info_ciledug.

"Bagi warga Ciledug dan Sekitarnya dihimbau untuk menghindari sepanjang Jl. Hos Cokroaminoto dan Jl. Ciledug Raya dari Cipulir sampai Giant Kreo Minggu (06/09/2020) malam ini. Sebab sedang berlangsung diduga tawuran antar ormas.Sementara belum diketahui penyebab terjadinya bentrokan tersebut," demikian keterangan dalam unggahan itu.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tergiur Upah Rp 15 Juta, Pemuda di Riau Nekad Bawa 19 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Pil Ekstasi
Pemuda dan Mahasiswa Desak Kejati Riau Tuntaskan Proses Hukum Korupsi Yan Prana dan Orang-Orang Syamsuar
Hari kesaktian Pancasila, 17 Prajurit Korem 031/WB Naik Pangkat
Pemkab dan Forkopimda Siak Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Bersama Presiden RI secara Virtual
Gubri Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 Secara Virtual

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter