Home  / Peristiwa
Bangun Ketahanan Pangan, Kapolresta Bersama Walikota dan Dandim 0301 Pekanbaru Resmikan Kampung Tangguh
Kamis, 9 Juli 2020 | 21:41:56
riaueditor
PEKANBARU, riaueditor.com - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya bersama Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT dan Dandim 0301 Pekanbaru Kolonel Inf Edi Budiman melounching Kampung Tangguh dalam rangka antisipasi ketahanan pangan di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (09/7/2020).

Lounching Program Kampung Tangguh Nusantara ini sesuai dengan program Panglima TNI dan Kapolri paskah pemberlakuan PSBB akibat merebaknya virus Covid-19 yang sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat.

Peresmian Kampung Tangguh Nusantara oleh Polresta Pekanbaru bersama Pemko Pekanbaru dan Kodim 0301 Pekanbaru ini menjadikan Kelurahan Argowisata yang berada di Kecamatan Rumbai sebagai lahan percontohan ketahanan pangan di Kota Pekanbaru, Riau. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolresta Pekanbaru AKBP Yusuf Rahmanto, Kapolsek Jajaran, para Danramil, Camat se-Kota Pekanbaru, Ketua Bayangkari Kota Pekanbaru Ibu Hj Vinna Nandang dan tokoh masyarakat serta masyarakat tempatan.

Kapolresta Pekanbaru dalam sambutannya mengatakan, bahwa peresmian Kampung Tangguh ini bertujuan untuk mengantisipasi ketersediaan pangan bagi masyarakat saat menghadapi pandemi Covid 19 di Kota Pekanbaru.

Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan Kelurahan maupun Desa yang memiliki kategori berbagai aspek dan ditinjau dari aspek kesehatannya apakah kampung tersebut telah memenuhi standar protokol kesehatan dengan didirikannya posko kesehatan.

"Perilaku hidup baru atau new normal setiap warga yang ada di Kota Pekanbaru ini benar-benar harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, baik itu penggunaan masker, pengukuran suhu dan juga membersihkan tangan serta menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain," kata Nandang. 

Menurut Nandang, faktor keamanan suatu kampung juga merupakan salah satu syarat dari Kampung Tangguh Nusantara ini. 

"Kelurahan Agro Lestari telah memiliki pos ronda sebagai pintu masuk dan keluar, sehingga bisa mengontrol orang yang akan masuk dan keluar dari perkampungan," ujar Nandang. 

Selain itu, kata Nandang, lahan ketahanan pangan di kampung agrowisata ini ternyata telah ada dan siap untuk ditanam atau pun siap dipanen, seperti bahan kebutuhan pokok, tumbuh-tumbuhan ataupun tanaman yang bisa ditanam dengan masa tanam usianya 75 hari dan siap dipanen masyarakatnya.

"Gerakan Kampung Tangguh Nusantara yang ada diwilayah argowisata ini diharapkan apa yang telah dilakukan oleh kita semua pada hari ini mudah-mudahan mendapatkan Ridho dan Barokah dari Allah Subhanahuwataala," kata Nandang. 

Usai peresmian Kampung Tangguh Nusantara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bansos berupa bibit tanaman dan benih ikan, sembako, serta penyerahan plakat dari Polri dalam hal ini Polresta Pekanbaru kepada warga dan dari warga kepada Polri dilanjutkan dengan melakukan penanaman bibit jagung dan penyebaran bibit ikan ke kolam, peninjauan peternakan kambing dan peninjauan sekolah SD sebagai sarana pendidikan di kampung tersebut.

Setelah acara peresmian Kampung Tangguh di Kelurahan Argowisata Kecamatan Rumbai, Kapolresta Pekanbaru dan rombongan melanjutkan kegiatannya di Kecamatan Marpoyan Damai untuk meninjau sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat karantina bagi warga Pekanbaru dan warga pendatang yang terindikasi tertular Covid 19.

Di Kecamatan Marpoyan Damai ini Kapolresta Pekanbaru bersama rombongan juga menyempatkan melakukan peninjauan tanaman hidroponik, peninjauan UMKM dan penyebaran bibit ikan serta peninjauan perkebunan ketahanan pangan di Kelurahan Perhentian Marpoyan Pekanbaru. (R11)


 

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bersama Warga, Satgas Yonif 125/SMB Gotong-Royong Bangun Rumah di Kampung Toray
Dinas PUPR PKPP Riau Tetapkan Tiga Prioritas Pembangunan Tahun 2021
Tahun Ini Pembangunan Quran Centre di Purna MTQ Dimulai
Tingkatkan Kekompakan Bersama Warga Perbatasan, Satgas Yonif 125/Simbisa Gotong Royong Membangun Jalan di Kampung Yanggandur
Gotong Royong, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bersama Masyarakat Bangun Teras Masjid di Perbatasan RI-PNG

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter