Home  / Peristiwa
Jahat! Ada WNI Ditemukan Tewas Dalam Pendingin di Kapal China
Kamis, 9 Juli 2020 | 19:49:11
Foto: Ilustrasi kapal penangkap ikan
JAKARTA - Jenazah lelaki Warga Negara Indonesia (WNI) ditemukan membeku di atas kapal penangkap ikan China yang ditahan.

Kronologinya sesuai keterangan Polri, aparat mencegat dua kapal di Selat Malaka pekan ini setelah menerima petunjuk adanya kematian awak di salah satu kapal.

Pria berusia 20 tahun itu mungkin telah disiksa dan tubuhnya disimpan di dalam freezer Kapak Lu Huang Yuan Yu 117. Ini diungkapkan langsung Juru Bicara Kepolisian Riau, Harry Potter.

"Korban mengalami cedera fisik, tetapi kami sedang melakukan otopsi untuk menentukan penyebab kematian," katanya dilansir AFP.

Puluhan anggota awak yang tertangkap berasal dari China, Indonesia dan Filipina. Polri telah menanyakan sehubungan dengan kematian pria itu.

Industri perikanan penuh dengan kerja paksa dan pekerja yang dieksploitasi. Bahkan mereka kadang tidak dibayar, dan kerap berhadapan dengan kekerasan dan kematian.

Indonesia dan Asia Tenggara merupakan sumber utama bagi para tenaga kerja semacam itu. Banyak broker yang tidak bermoral justru memaksa orang miskin dan tidak berpendidikan dengan janji upah yang baik di laut.

Juni lalu, dua anggota awak Indonesia melompat dari kapal China untuk melarikan diri dari apa yang mereka sebut pelecehan dan kondisi mengerikan.

Mereka kemudian diselamatkan oleh kapal penangkap ikan Indonesia dan polisi mengatakan telah menangkap sembilan orang karena klaim pelecehan tersebut.

Sebulan sebelumnya, tiga anggota awak Indonesia tewas dari sebuah kapal berbendera China di laut.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
China Laporkan Temuan Virus Tick-Borne dari Gigitan Kutu
China Berang Usai Trump Resmi Larang TikTok dan WeChat
China Janji Membalas Jika AS Sanksi Paramiliter Xinjiang
Satgas Yonif 413 Bremoro Bantu Proses Pemulangan WNI Dari Papua New Guinea
Pertanda Apa Ini? Bomber China Wara-wiri Laut China Selatan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter