Home  / Peristiwa
Monyet Curi Sampel Darah Pasien Covid-19 di India
Sabtu, 30 Mei 2020 | 15:37:57
(Dok. commons.wikimedia.org/Albert A)
Ilustrasi monyet.
JAKARTA - Seekor monyet menyerang teknisi laboratorium di sebuah sekolah kedokteran di India dan melarikan diri dengan sampel darah dari tiga pasien yang terinfeksi Covid-19.

Aksi ini sempat direkam teknisi tersebut usai kejadian menggunakan ponsel. Setelah mengambil sampel dan barang-barang medis lain, monyet itu kemudian memanjat pohon terdekat dan terlihat mengigiti sarung tangan bedah, mengutip Livescience dari NDTV, Sabtu (30/5).

Pencurian sampel oleh monyet ini terjadi beberapa hari lalu di sekolah kedokteran yang dikelola pemerintah di Uttar Pradesh, bagian India Utara.

Pimpinan sekolah kedokteran itu S.K. Garg mengatakan monyet itu hanya mengambil sampel darah bukan cairan tenggorokan atau lidah pasien terinfeksi. Garg menyebut selama ini tidak ada kasus corona pada binatang yang media penularannya melalui darah pasien positif.

Sejauh ini penulatan virus corona hanya melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran pernapasan seseorang.

"Ini adalah sampel darah yang diambil dari pasien COVID-19 selama perawatan rutin," kata Garg.

Penyelidikan tentang kasus tersebut saat ini sedang berlangsung. Pihak berwenang dengan perguruan tinggi medis telah meminta teknisi untuk menjelaskan secara tertulis bagaimana ia akhirnya 'dikuasai' oleh seekor kera.

Times of India juga mengatakan penyidik juga mencecar pertanyaan kepada teknisi itu tentang alasan ia memvideokan sang monyet usai beraksi ketimbang meminta bantuan kepada petugas lain di lokasi.

Sementara itu penduduk setempat khawatir insiden tersebut dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. Mereka takut penularan corona ini dapat terjadi antara monyet itu ke monyet lain dan kemudian ke manusia.

Kekhawatiran mereka juga dikarenakan banyak bukti menunjukkan manusia dapat menginfeksi beberapa hewan dengan SARS-CoV-2, virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Pada April, lima harimau dan tiga singa di Kebun Binatang Bronx di New York City dinyatakan positif terkena virus corona. Mereka terinfeksi oleh staf tanpa gejala, menurut Wildlife Conservation Society.

Time melaporkan dua kucing peliharaan dan seekor anjing peliharaan di AS juga dinyatakan positif virus corona, yang kemungkinan tertular karena kontak dengan manusia.

Sejauh ini terdapat 7.170 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Uttar Pradesh. Kasus positif corona di India sendiri mengacu data Worldometers pada Sabtu (30/5), mencapai 174.020 kasus dengan 4.981 meninggal dunia dan 82.676 dinyatakan sembuh. 


(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tips Cegah Penularan Corona Lewat Udara di Ruang Tertutup
Siapa Orang yang akan Pertama Kali Disuntik Vaksin Covid-19?
Hindari Covid-19, Brigjen TNI Herman Minta Prajurit Tingkatkan Imun Tubuh
Doni Sebut Tak Masalah Corona Naik Asal Kematian Rendah
Tidak Ada Penambahan Kasus Covid-19 Riau, 1 Pasien Sembuh

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter