Home  / Peristiwa
Banyak Warga Padang Salat Id Berjemaah, MUI: Padahal Ada Udur Syar`i
Minggu, 24 Mei 2020 | 14:38:52
(Foto: Antara).
Pelaksanaan Salat Id di Kota Padang.
PADANG - Sebagian masyarakat di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), tetap menggelar Salat Idul Fitri (Id) berjemaah pada Minggu (24/5/2020). Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai sebetulnya ada halangan atau udur syar`i sehingga jemaah bisa beribadah di rumah masing-masing.

Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad mengatakan, Salat Idul Fitri 1441 Hijriah di Kota Padang boleh dilaksanakan di rumah masing-masing jika seseorang berada di daerah dengan penyebaran Covid-19 yang masih belum terkendali.

"Ada udur syar`i, sehingga warga tak mesti Salat Id berjemaah di masjid atau di lapangan," kata Duski di Kota Padang, Sumbar, Minggu.

Namun bagi wilayah yang masuk zona hijau, atau tidak ditemukan kasus positif virus corona, dia mengizinkan masyarakat menggelar Salat Id berjamaah. Namun syaratnya harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Langkah ini untuk mencegah terjadinya potensi penularan COVID-19 seperti menyediakan cairan pembersih tangan, menggunakan masker, dan lainnya," ujar dia.​​​​​​

Sebelumnya sepanjang Jalan Raya Padang-Indarung sejumlah masjid yang berada di pinggir jalan tetap melaksanakan shalat Idul Fitri. Salah satunya di Masjid Ihsan Muhammadiyah dan Masjid Alkautsar yang berada di Bandar Buat.

Untuk sejumlah masjid terpantau menerapkan protokol kesehatan untuk jemaah yang hadir tampak berlangsung cukup ketat. Bahkan jemaah harus lebih dulu melewat bilik sterilisasi sebelum masuk masjid.

"Jadi setiap jemaah yang masuk, harus lewat bilik sterilisasi dan wajib mencuci tangan sebelum masuk masjid," kata Pengurus Masjid Aljihad Indarung Padang Irsal.

Kemudian jemaah juga wajib memakai masker dan membawa sajadah sendiri dari rumah. Selain itu pengaturan shaf juga tidak terlalu rapat dan khatib Idul Fitri tidak terlalu panjang.

(iNews.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kabar Duka, Satu Pasien Covid-19 Asal Inhu Meninggal Dunia
Ratusan Ahli Sepakat Covid-19 Menular lewat Udara, Desak WHO Revisi Rekomendasi
Peserta UTBK-SBMPTN Demam dan Reaktif Wajib Tes PCR
Karyawan PT BOB Serahkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
120 Orang Warga Sei Apit Siak Lakukan Rapid Test

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter