Home  / Peristiwa
Tiba di Pekanbaru, 250 Santri Dari Lirboyo Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Minggu, 5 April 2020 | 02:24:02
istimewa
PEKANBARU - Sebanyak 250 santri dari Pesantren Lirboyo, Jawa Tengah yang baru tiba di Kota Pekanbaru, Sabtu (4/4/2020) langsung menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Riau.

Pemeriksaan para santri ini dipusatkan sementara di posko areal purna MTQ, Pekanbaru, setelah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, menjelaskan 250 santri yang datang dari Jawa tersebut sebelum di pulangkan ke daerah mereka masing-masing. Melainkan terlebih dahulu diperiksa kesehatan oleh tim kesehatan Dinas Kesehatan di Purna MTQ Pekanbaru.

"Ya, tadi saya langsung melihat santri yang datang dari Jawa. Mereka pulang secara serentak dari Pesantren Lirboyo. Sesuai dengan situasi sekarang, setiap orang yang datang ke Riau kita periksa kesehatannya," ujar Mimi.

Usai menjalani pemeriksaan kesehatan sambung Mimi, para santri diperbolehkan melanjutkan pulang ke daerah masing-masing dan menjalani karantina mandiri di rumah.

"Untuk hasilnya pemeriksaan kita belum menerima, kepastian apakah ada yang suspec, Insya Allh semua aman, karena mereka sudah pulang semua dan ada yang di jemput orangtuanya," kata Mimi.

Sementara itu, ketika disinggung terkait adanya salah satu santri terdeteksi suspect covid-19, di Bandara SSK II Pekanbaru, pada hari Jumat (3/4/2020) kemarin, Mimi menjelaskan semuanya sudah ditangani oleh tim yang ada di Bandara, baik dari pihak Bandara sendiri maupun dari KKP.

"Tentu kalau ada yang terdeteksi langsung di observasi, itu kan dikirim ke rumah sakit untuk dilakukan pengecekan. Dan selanjutnya swap yang diambil dikirim ke Labkes. Ditunggu hasilnya dari Labkes apakah negatif atau positif," kata Mimi.

Sebelumnya diberitakan, pihak Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), kembali mengamankan seorang santri  yang baru tiba dari Surabaya, Jawa Timur terpantau suspec virus Corona (Covid-19).

Santri tersebut tiba Jumat malam, pukul 19.30 WIB, dengan menggunakan maskapai Lion Air.

Kepala KKP Pekanbaru, Sarifuddin, membenarkan pihaknya telah mendeteksi satu warga Riau, dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merupakan santri yang dipulangkan dari Surabaya, suspect covid-19, dan santri tersebut langsung di observasi dan dibawa ke Rumah Sakit swasta. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Setelah 2 Minggu Dirawat, Santri Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Siak Dinyatakan Sembuh
Asosiasi Pesantren NU Ajukan 3 Syarat New Normal Dunia Santri
Sehat dan Tanpa Gejala, 1 Lagi Santri di Siak Dinyatakan Positif Covid-19
Awas! Anies Beri Denda Rp 250 Ribu Bagi yang Tak Pakai Masker
Kadiskes Riau Minta Warga Kontak dengan Klaster Covid-19 Santri Magetan Periksakan Diri

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad