Home  / Peristiwa
Wanita Lhokseumawe yang Diduga Mesum dengan WN Portugal Diusir dari Kampung
Senin, 24 Februari 2020 | 15:15:09
(Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Ilustrasi
BANDA ACEH - Perempuan di Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Aceh berinisial YI (37) yang diduga mesum dengan warga negara (WN) Portugal dikenakan sanksi adat. YI diusir dari kampung.

"Sudah diselesaikan secara adat kampung. Sudah diselesaikan semua sudah beres. Sanksinya pertama perempuan itu dikeluarkan dari kampung, kalau yang asing dia memang tidak di kampung kita," kata Kepala Desa, Rafuddin saat dikonfirmasi wartawan, Senin (24/2/2020).

Menurut Rafuddin, WN Portugal berinisial JM (41) tidak dapat dikenakan sanksi adat karena bukan warga setempat. Perangkat desa hanya dapat menjatuhkan hukuman terhadap warga mereka saja.

Setelah diusir dari kampung, Rafuddin mengaku tidak mengetahui lagi posisi YI. Menurutnya, sanksi yang dikenakan terhadap perempuan tersebut sudah sesuai yang berlaku di kampung.

"Mereka tidak dinikahkan karena pihak lelaki secara pernyataannya dia tidak melakukan apa-apa. Sedangkan yang perempuannya pengakuannya dia mengaku (mesum) karena takut dipukul massa," jelasnya.

Rafuddin menjelaskan, perempuan tersebut dikenakan sanksi adat karena memasukkan pria non muhrim ke rumahnya. Dia diduga melakukan khalwat atau berdua-duaan di tempat sepi.

Keduanya tidak dapat diputuskan berbuat zina karena tidak ada saksi yang melihat langsung perbuatan mereka. Perangkat desa kemudian menduga perempuan tersebut melanggar pasal tentang khalwat.

"Sehingga kita putuskan diusir dari kampung," bebernya.

Seperti diketahui, seorang warga negara (WN) Portugal berinisial JM (41) digerebek masyarakat karena diduga mesum dengan perempuan Lhokseumawe berinisial YI (37). JM diketahui bekerja sebagai supervisor di Lhokseumawe.

"Pasangan ini digerebek oleh masyarakat Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe tadi malam sekitar pukul 23.00 WIB. Setelah digerebek, keduanya diserahkan ke kita," kata Kasat Pol PP dan WH Kota Lhokseumawe Muhammad Irsyadi saat dihubungi wartawan, Kamis (20/2).

(detik.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Belajar dari Belanda, Kanada Periksa Lagi Masker dari China
Pulang dari Malaysia, 115 Warga Bengkalis Dikarantina
Satu PDP Corona Meninggal di RSU Bahteramas Kendari
Aksi Solidaritas MPR RI Melawan Corona - Fight Corona
Pergi dari Karantina Corona, Higuain Dicegah Polisi Italia

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad