Home  / Peristiwa
Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Kapolda Riau Terjun Langsung Padamkan Api Karhutla
Senin, 27 Januari 2020 | 20:50:22
riaueditor
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH SIK MSi, saat menyiram lahan yang terbakar di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis
BENGKALIS, riaueditor.com - Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH SIK MSi, melaksanakan pengecekan hotspot dan pendinginan lahan yang terbakar di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (27/1/2020) siang sekitar pukul 11.00 Wib. 

Dalam kegiatan ini Kapolda Riau didampingi oleh Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Abdul Hasyim SH Msi, Karo Ops Kombes Pol Drs Rahmat Hidayat.

Kapolda Riau tiba di Pelabuhan Hutan Samak Desa tiri Akar Kecamatan Rupat Utara, sekitar pukul 11.55 Wib, dan disambut langsung oleh Kapolres Bengkalis AKBP Sigit, Kabag Ops Kompol Irnanda Oktora, Kasat Pol Air AKP Rahmat Hidayat, Kapolsek Rupat Utara AKP Jasri, Danramil 05 Kapt Inf Sagino, Danpos AL Tajung Medang Lettu Tommi N dan personil Polsek Rupat Utara.

Dengan menggunakan sepeda motor Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan rombongan langsung menuju lokasi karlahut yang berada di Dusun Hutan Samak, Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. 

Baca : Hampir Dua Pekan Kebakaran Lahan Gambut di Rupat Belum Padam

Terpantau Kapolda Riau yang berada di lokasi langsung menarik selang air kemudian menyiram lahan yang terbakar dengan tim personil gabungan yang sudah berjibaku selama dua pekan untuk melakukan pemadaman dan proses pendinginan.

Ini merupakan bentuk kepedulian Kapolda Riau dalam mengatasai kebakaran hutan dan lahan (karlahut) yang hampir dua pekan terjadi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis walaupun dengan peralatan seadanya.

"Anggota dilapangan sudah berusaha keras memadamkan api membakar lahan gambut di Pulau Rupat Utara. Kemarin sore, usai melihat aplikasi Dashboard Lancang Kuning, masih ada titik api. Ya kita turun, ikut memadamkan dan memberi semangat kepada tim pemadam," ungkap Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. 

Kapolda juga memuji semangat pantang menyerah diperlihatkan tim pemadam Karhutla. 

"Kepada seluruh personil yang melakukan pemadaman dan pendinginan diareal terbakar harus solid, kompak dan semangat. Kita harus lawan api," tutur Mantan Deputi Bidang Intelijen Siber BIN Mabes Polri menyemangati.

Di lokasi, personil gabungan terus melakukan pemadaman secara keroyokan. Upaya ini dilakukan mengingat hembusan angin yang kencang bisa menimbulkan api susulan, karena lahannya gambut dan api diduga masih ada di bawah permukaan.

Operasi pemadaman karhutla di Pulau Rupat ini terdiri dari personil Polres Bengkalis, Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI AD, Satpol PP, Manggala Agni KLHK, serta pemadam kebakaran dari PT Sumatera Riang Lestari, ikut berjibaku memadamkan api. (dri)






Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polsek Teluk Meranti Bersama TNI dan Satpol PP Laksanakan Giat Operasi Yustisi
Polsek Kuala Kampar Bersama TNI dan Satpol PP Laksanakan Operasi Yustisi di Kelurahan Teluk Dalam
Operasi Yustisi, Polsek Ukui dan Satpol PP Razia Masyarakat tak Pakai Masker
Cegah Penyebaran Covid-19 dan Antisipasi C3, Polsek Langgam Giatkan Patroli
Antisipasi C3 dan Penyebaran Covid-19, Polsek Langgam Gelar Patroli

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter