Home  / Peristiwa
Gempa Magnitudo 5,2 Terjadi di Nias Selatan
Minggu, 5 Januari 2020 | 09:41:10
Ilustrasi gempa (Istockphoto/ P_Wei)
Gempa magnitudo 5,2 dilaporkan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi di Nias Selatan, Sumatera Utara pada Minggu (5/1). Titik gempa disebut terjadi pada 06.42 WIB di koordinat 2.21 LS dan 96,68 BT.

Titik gempa dikatakan berada di 389 km barat daya Nias Selatan di kedalaman 10 km. BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa di Nias Selatan merupakan yang kedua dilaporkan pada hari ini. Sebelumnya BMKG juga sudah menjelaskan terjadi gempa magnitudo lebih kecil, yakni 4,8, di Malang, Jawa Timur.

Pusat gempa Malang berada di 8,73 LS dan 112,50 BT atau di area laut 66 km barat daya Malang.

Gempa di Atas 5 M

Gempa di di Nias Selatan merupakan gempa kedua di atas magnitudo 5 kedua yang terjadi pada tahun ini. Sebelumnya BMKG mencatat gempa magnitudo 5,5 terjadi di Wakatobi, Sulawesi Utara pada Kamis (2/1)

BMKG pernah mencatat terjadi 21 titik gempa di atas magnitudo 5 terjadi selama sebulan pada Desember 2018 di seluruh Indonesia.

Selain soal gempa, BMKG mengimbau masyarakat waspada pada cuaca hujan disertai kilat dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di Jakarta pada hari ini. Hujan deras diketahui terjadi di kawasan Jakarta Selatan sejak pukul 07.22 WIB.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore menjelang malam hari," tulis BMKG dalam situs resminya. 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Korban Tewas Gempa Turki Bertambah Jadi 38 Orang
Lipat Kain Selatan Banjir, Danramil Langsung Turun Membantu Evakuasi Warga
Kenapa Maluku Kerap Diguncang Gempa?
Gempa 7,1 M Maluku Utara Potensi Tsunami, Warga Ngungsi di Bukit
Air Laut Surut usai Gempa, Warga Buleleng Berhamburan Takut Tsunami

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad