Home  / Peristiwa
Massa Rusak Bandara, Penerbangan Sempat Ditunda ke Sorong
Senin, 19 Agustus 2019 | 16:33:08
(Foto: Ishak via CNN Indonesia)
Foto: Kondisi Jalan Jenderal Yosudarso Manokwari, Papua Barat, pada Senin (19/8) pagi.
Fasilitas terminal di Bandar Udara (Bandara) Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua sempat dirusak massa terkait kerusuhan yang terjadi di wilayah itu. Bahkan penerbangan sempat ditunda ke Kota Sorong saat kerusuhan terjadi, Kemenhub mengklaim kini kondisii sudah kondusif.

Kota Sorong termasuk wilayah yang terjadi pergerakan massa, menyusul kerusuhan di Manokwari, Papua. Kerusuhan Manokwari terjadi karena  aksi yang dipicu oleh penyerbuan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus melakukan pemantauan terkait kerusuhan yang terjadi di Bandar Udara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua, dengan terus melakukan koordinasi dengan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IX dan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) DEO Sorong. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, menjelaskan saat ini kondisi Bandar Udara DEO Sorong sudah dapat dikendalikan. 

"Petugas gabungan telah melakukan langkah cepat dengan melakukan pengamanan dan pengendalian di Bandar Udara DEO Sorong, meski sebelumnya sekelompok massa sempat memasuki wilayah parkir kendaraan dan merusak fasilitas terminal," kata Polana dalam keterangan resminya, Senin (19/8). 

Polana mengimbau kepada seluruh Unit Penyelenggara Bandar Udara dan Otoritas Bandar Udara (OBU) untuk terus meningkatkan pengawasan keamanan di lingkungan bandar udara dengan terus melakukan koordinasi dengan TNI/Polri. 

"Diimbau kepada Seluruh petugas bandara wajib memastikan keamanan dan keselamatan bandar udara dan penumpang, serta terus berkoordinasi dengan aparat keamanan," kata Polana. 

Adapun kronologis kerusuhan yang terjadi di Bandar Udara DEO Sorong, pada pukul 15.05 WIT, sekelompok massa datang ke area parkir bandar udara dan merusak sejumlah kendaraan yang terparkir serta merusak beberapa fasilitas di bandara. Aparat keamanan dan petugas bandara berhasil mengamankan dan mengendalikan situasi menjadi kondusif. 

Pada pukul 16.06 WIT, Maskapai Sriwijaya Rute Sorong-Makassar telah memberangkatkan penumpang menuju Makassar. Beberapa pesawat, dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan, penerbangan menuju Sorong ditunda untuk sementara. 

Namun, Polana menambahkan, kini situasi bandara yang telah kondusif, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Aparat Keamanan TNI/Polri di wilayah Papua dan Papua Barat yang sigap dalam mengendalikan situasi.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Viral Langit Jambi Berwarna Merah, Ada Apa?
Kronologi Pemukulan oleh Polisi Versi Mahasiswa Bogor
Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad Gelar Donor Darah di Perbatasan RI-PNG
Demo Mahasiswa di Mapolda Riau Berujung Bentrok, 7 Polisi Terluka
Demo Ribuan Mahasiswa di Riau Terkait Karlahut Ricuh

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad