Home  / Peristiwa
Update Korban Gempa Banten: 4 Orang Meninggal, 4 Terluka
Sabtu, 3 Agustus 2019 | 16:38:28
(CNBC Indonesia/Rahajeng
Foto: Konfrensi pers BNPB mengenaik Gempa di wilayah di Banten dan sekitarnya Kusumo Hastuti)
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan empat orang meninggal dunia dan empat orang luka-luka akibat gempa berkekuatan 6,9 Magnitudo yang berpusat di Banten, pada Jumat malam (2/08/2019). Gempa bumi tersebut juga dirasakan hingga Bali dan NTB (Mataram dan Sumbawa Barat).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo menyatakan warga yang meninggal dunia diakibatkan oleh serangan jantung saat gempa, dan tergelincir saat melakukan evakuasi.

Data dari BNPB menyatakan ada 223 rumah rusak, 4 unit fasilitas peribadatan rusak, 1 unit kantor desa rusak, 2 rumah ibadah rusak, dan 3 bangunan lainnya rusak. Hingga saat ini belum ada perhitungan kerugian akibat gempa tersebut.

"Dua provinsi yang paling parah terkena dampaknya adalah Jawa Barat yakni Sukabumi dan Cianjur, dan Banten yakni Pandeglang dan Lebak," kata Agus dalam konferensi pers, Sabtu (3/08/2019).

BNPB pun sudah menerjunkan lima tim di Jawa Barat dan Lampung. Agus menyatakan meski ada kepanikan masyarakat sudah bisa merespons dengan baik, dan langsung melakukan evakuasi saat gempa terjadi.

Di Lampung ada sekitar 1.000 warga yang sempat mengungsi. Namun pada Sabtu siang hari ini sudah kembali ke tempat masing-masing setelah peringatan tsunami dicabut.

"Sekarang sudah dipastikan kondisinya normal. Air laut tidak ada perubahan sehingga aman dan masyarakat boleh pulang. Kami masih di lapangan untuk melakukan pendataan yang diperlukan. Jadi tim kami ada di Lampung Jawa Barat dan Banten," katanya.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Makhluk Ini Tak Berotak Punya 720 Kelamin, tapi Bukan Hewan Tumbuhan
Kelihaian Djeni Tipu Sana Sini Hingga Raup Miliaran Rupiah
Polres Bengkalis Amankan 27,1 Kg Sabu dan Belasan Ribu Ekstasi dari Supir Travel
Lengkapi Meubeler, Januari 2020 Gedung SMPN 45 Sudah Bisa Ditempati
Pantai Barat Sumatera Diguncang Tiga Kali Gempa

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad