Home  / Peristiwa
Ditemukan Bahan Peledak di Rumah Terduga Pelaku Bom Kartasura
Selasa, 4 Juni 2019 | 07:55:36
(Antara/rsa)
Bom bunuh diri meledak di Kartasura, Sukoharjo. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
JAKARTA - Identitas pria terluka dalam pengeboman Kartasura sudah diketahui. Pria yang juga diduga pelaku bom bunuh diri itu bernama Rafik Asarrudin (22).

Pasukan Densus 88 Antiteror Mabes Polri langsung melakukan penggeledahan terhadap rumah terduga pelaku di Kampung Kranggan, Desa Wirogunan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Selasa dini hari. Penggeledahan dilakukan sejak pukul 01.00 sampai sekitar pukul 03.00 WIB.

Dari rumah itu polisi mengamankan sejumlah barang bukti yang ada kaitannya dengan kejadian di TKP. Itu disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahnie.

Namun karena suasana masih gelap, kata Rycko, Kapolda masih perlu waktu lebih untuk memeriksa rumah yang ditinggali Rafik bersama orang tuanya.

"Harus lebih berhati-hati dalam mengerjakannya," kata Rycko.

Ia melanjutkan, "Kami masih perlu tim dari Gegana, Laboratorium Forensik, dengan Inafis. Kami tunggu hasilnya pemeriksaan nanti." Itu karena barang yang ditemukan masih perlu diteliti secara cermat oleh tim penjinak bom dari Mabes Polri.

Menurut Kepala Desa Wirogunan, Marjono (66) yang ikut penggeledahan rumah terduga pelaku bom Kartasura, sejumlah barang bukti yang diamankan adalah bahan-bahan untuk meracik bom.

Barang yang disita polisi termasuk serbuk arang, belerang, kabel-kabel, ponsel, sakelar, dan aluminium. "Saya tidak hafal satu per satu. Barang-barang yang disita itu banyak dan dimasukkan ke dalam kertas ukuran besar warna cokelat, lalu dibawa polisi," ujarnya.

Meski sudah melakukan penggeledahan polisi belum bisa menyimpulkan terduga pelaku terlibat jaringan apa. "Pelaku terlibat jaringan apa baru bisa diungkap jika setelah dapat mengumpulkan semua bukti-bukti di TKP," kata Rycko menjelaskan, dikutip dari Antara.

Yang jelas, menurut Marjono pelaku pendiam dan tidak pernah bergaul.

"Jika salat Jumat di luar kampung," ia mengatakan.

Hingga kini rumah terduga pelaku di RT 01 RW 02 Desa Wirogunan, Kartasura masih dipasangi garis polisi sehingga warga sekitar tidak bisa mendekat. Rumah itu pun masih dijaga ketat petugas. Polisi masih akan melanjutkan penggeledahan pada Selasa (4/6) pagi ini.

Bom bunuh diri sebelumnya meledak di pertigaan Tugu Tani, tepatnya di depan Pospam Tugu Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Senin (3/6) sekitar pukul 22.30 WIB. Peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban dari petugas jaga di pos pemantauan.

Seseorang yang terkapar di dekat pos pemantauan diduga merupakan pelaku. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan hingga kini kondisinya masih kritis. 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Panglima TNI: TNI Lakukan Water Boombing Padamkan Kebakaran Hutan di Riau
Polri Pastikan Pengebom Gereja di Filipina Suami Istri WNI, Ini Identitasnya
Pelaku Bom Bunuh Diri Pos Polisi Kartasura Sukoharjo Tinggal Dekat TKP
Ledakan Bom Bunuh Diri Guncang Pos Polisi Kartasura di Sukoharjo
Halangi Pengebom Gereja, Pria Sri Lanka Dikenang Bak Pahlawan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad