Home  / Peristiwa
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan di Riau
Rabu, 13 Maret 2019 | 16:38:14
riaueditor
PEKANBARU, riaueditor.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto SIP dan Kapolri Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD datang ke Pekanbaru Rabu (13/3/2019), sekitar pukul 11.05 Wib. 

Usai mendarat di Bandara Lanud Roemin Nurjadin, kedua Jenderal tersebut langsung meninjau lokasi bekas kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang berada dilokasi RT 15 RW 05 Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

Dengan menggunakan dua unit helikopter, mereka berangkat dari pintu belakang gedung Aula Lanuf RSN dan mendarat di lapangan bola Sungai Injab, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Setibanya di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Panglima TNI dan Kapolri serta rombongan dengan menggunakan sepeda motor langsung menuju lokasi Karlahut menempuh jarak sekira 5 kilometer. Lokasi kebakaran berada jauh di dalam hutan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. 

Pulau Rupat merupakan lokasi kebakaran paling parah di Riau. Namun demikian, api telah padam setelah tim gabungan TNI Polri, BPBD dan Manggala Agni datang ke lokasi kebqkaran. Sekarang, lokasi kebakaran paling parah di Kepulauan Meranti.

Usai meninjau lokasi kebakaran, rombongan kembali ke lapangan bola Sungai Injab untuk menyerahkan bantuan berupa mesin pompa air. Bantuan diserahkan langsung oleh Panglima TNI didampingi Kapolri.

Untuk diketahui, Luas lahan yang terbakar sejak awal Januari hingga hari ini mencapai 1.711,41 hektare sebab, sejumlah lokasi terbakar lahan menambah luasan tersebut. Rekapitulasi lahan luas di beberapa daerah Riau sejak awal Januari yaitu, paling luas di Bengkalis 953,5 hektar.

Di Kepulauan Meranti 187,4 ha, Rohil 254,5 ha, Dumai 133 ha, Siak 70,75 ha, Pekanbaru 21,76 ha, Kampar 19,5 ha, Pelalawan 21,5 ha, Inhu 1,5 ha, Inhil 48 ha. 

Lokasi lahan yang masih terbakar di Kabupaten Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan dan Indragiri Hilir. 

Petugas gabungan dari TNI Polri, Manggala Agni, BPBD Riau dan PT Sumatera Riang Lestari masih berjibaku melakukan pemadaman.(dri) 


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dituding Cemarkan Nama Baik, Mantan Kepala SKK Migas Sumbagut Kembali Disomasi
Tiga Tahanan Kabur Kejari Pelalawan Ditangkap, Empat Masih Buron
Tujuh Tahanan Kejari Pelalawan Kabur Dari PN Pangkalan Kerinci
Ibunda Ustad Abdul Somad Meninggal Dunia, Kapolresta Pekanbaru Kawal Hingga Kerumah Duka
Edarkan Sabu, Perempuan di Kampar Ini Ditangkap Polisi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad