SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / Peristiwa
Ternyata Beberapa Jenis Makanan di Pasar Ramadhan di Pasir Penyu Positif Mengandung Boraks
Sabtu, 18 Juni 2016 | 23:25:20
ilustrasi
RENGAT, riaueditpr.com - Hasil Lab beberapa sample makanan yang dilakukan oleh Tim Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap makanan yang ada di Pasar Ramadhan Air Molek kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terbukti bahwa ada beberapa jenis makanan yang dicampur Boraks.

"Ada makanan yang dijual di pasar ramadhan Airmolek kecamatan yang mengandung boraks," tegas Ketua Tim Kasi Pemeriksaan Balai Besar BPOM Pekanbaru Provinsi Riau, Veranika Ginting.

Dari 35 sampel makanan dan minuman di dua Pasar Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu yang diperiksa BPOM, terdapat 4 makanan positif mengandung Boraks atau zat pewarna tekstil yang membahayakan kosumen.

"Dari hasil uji sementara dari 35 sampel yang diambil dari beberapa pedagang di Pasar Lama dan Pasar Sri Gading terdapat 4 jenis makanan positif mengandung Boraks, diantara 2 sampel mei, 1 sampel tahu isi dan 1 sampel ayam fried chicken," terangnya.

Untuk hasil yang meragukan seperti es dan makanan lainnya akan dilakukan pengecekan lebih lanjut di laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Riau.

"Yang kami lakukan pengujian terhadap kandungan bahan berbahaya dalam pangan yaitu formalin, boraks, methanil, yellow dan rhodamin B," jelasnya.

Sedangkan makanan yang mengandung Boraks kita akan berkerjasama dengan Disperindagpas dan camat setempat untuk memberikan peringatan terhadap pedagang agar tidak lagi menjual makanan tersebut.

"Bila masih tetap menjual kita akan sita dagangannya," tegasnya. (Ali)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Anak Asuh Rumah Yatim Riau Berbagi Makanan Siap Saji Untuk Anak Yatim Dhuafa Lainnya
Polisi Bongkar Penggunaan Boraks dalam Kerupuk di Sidoarjo
FDA Peringatkan Penjualan Suplemen Mengandung Sesium Klorida
Indonesia Impor Ampas Sisa Makanan Senilai US$ 232,3 juta
Waspada, 3 Makanan Ini Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter