Home  / Penrem 031 WB
Dihadiri Pabung Rohul, Wagubri Bersama Bupati Rohul Resmikan Rumah Adat Mandailing
Rabu, 8 Januari 2020 | 18:13:45
ded/riaueditor.com
ROHUL, riaueditor.com - Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin S.I.P yang di wakili Pabung Rohul Kodim 0313/KPR Kapten Inf Yuhardi menghadiri peresmian rumah adat Mandailing (Bagas Godang) Dalihan Natolu sekaligus pengukuhan kerapatan adat Huta Haiti, Rabu (09/01/2020) di Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu yang diresmikan Wakil Gubernur Riau, Brigjen (purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.Ip dan Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman.

Turut hadir Kapolres Rohul, AKP Dasmin Ginting, SIK, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Novliwanda Ade Putra,SE, Sekretaris Daerah Rohul, Abdul Haris,M,Si Kadis, Dandim 0313/KPR Letkof inf Aidil Amin S.Ip yang diwakili Pabung RohulKapten Inf Yuhardi, Kajari Rohul, Freddy Simanjuntak, Kalapas Kls IIB ,Lukman, LAM Rohul, serta tokoh adat dan masyarakat setempat.

Dalam kata sambutannya, Bupati Rohul, H. Sukiman mengatakan akan terus melaksanakan pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu.

"Kami tetap memperhatikan masyarakat adat yang dibuktikan dengan pelatihan pengembangan, memajukan seni dan budaya sampai kepada pembinaan pada kelembagaan adat yang ada di tengah masyarakat," jelas Sukiman.

Bupati Rokan Hulu juga berpesan kepada masyarakat setempat untuk merawat dan memelihara bangunan rumah adat Mandailing tersebut.

"Mudah untuk membangun tapi sulit untuk merawatnya," jelas Sukiman

Bupati Rohul itu juga berharap kelembagaan kerapatan adat Huta Haiti Sudi menjadi jembatan antara masyarakat adat dengan pemerintah, sehingga dapat memberikan sumbangsih dan pemikiran positif dalam rangka mengatasi persoalan yang ada di daerah tersebut.

Sedangkan Edy Afrizal Natar Nasution  mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terhadap lingkungan di sekitar rumah Godang Dalihan Natolu Huta Haiti.

Dalam kesempatan itu Edy Natar juga menceritakan secara jelas asal-usul suku Mandailing yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Peresmian rumah adat ini ditandai dengan penandatanganan Wakil Gubernur Riau dan Bupati Rokan Hulu terhadap Rumah adat Mandailing.(ded)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pangkogabwilhan I Resmikan Operasional Rumah Sakit Covid-19 di Pulau Galang
Edaran Menag: Salat Tarawih di Rumah, Salat Id Ditiadakan
Aksi Sosial Kamla Zona Maritim Timur Semprot Disinfektan ke Rumah Warga
Bila Tak Taat Jalani Isolasi di Rumah, ODP Covid-19 Bakal Dijemput Paksa
Duh! Maskapai Penerbangan RI Mulai Rumahkan & PHK Karyawan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad