Home  / Penrem 031 WB
Cegah Banjir, Koramil 15/KK Kodim 0313/Kpr Bongkar Gorong-gorong Bangun Box Culvert
Kamis, 7 November 2019 | 09:33:07
Penrem031/WB
PELALAWAN - Mengatasi banyaknya genangan air yang terjadi setiap hujan deras yang mengguyur Desa Beringin Makmur, personel Karya Bakti TNI-AD gabungan Koramil 15/KK Kodim 0313/Kpr melakukan pembongkaran drainase yang sudah terpasang lama karena tidak dapat menampung debit air yang mengalir dan gampang tersumbat di beberapa ruas jalan salah satunya adalah di Dusun 1 RT 1 RW 2 Desa Beringin Makmur Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan - Riau, Kamis ( 07/11/2019).

Danramil 15/Kuala Kampar Kapten Arh Aswin Sembiring mengungkapkan, pembongkaran empat unit drainase yang tersebar di Desa Beringin Makmur dilakukan karena gorong-gorong yang sudah terpasang sebelumnya tidak dapat menampung kiriman air hujan dari arah yang lebih tinggi sehingga mengakibatkan kebanjiran rumah warga di sekitar drainase.

"Setelah dicek, penyumbatan dan kecilnya drainase yang menjadi penyebab terjadinya genangan air di kawasan ini. Untuk mengatasinya, drainase kita bongkar dan ganti kembali saluran air yang lebih besar sehingga air lancar mengalir kembali," kata Danramil.

Untuk mendukung pengerjaan, diturunkan satu unit alat berat dan truk yang digunakan untuk mengangkat lumpur maupun material bekas bongkaran drainase.

"Selesai dilakukan pembenahan drainase, kita ingin kawasan ini bersih seperti semula. Kita tidak mau ada sisa material bekas pembongkaran drainase sedikit pun," jelasnya.

Usai melakukan pembongkaran personel Karya Bakti kembali diturunkan untuk menormalilasi pembangunan Box Culvert. Selain perbaikan gorong-gorong, juga melakukan pengorekan parit. Pengerjaan ini dilakukan untuk mengatasi genangan air yang terjadi setiap kali hujan deras turun.

"Selama ini gorong-gorong tersumbat, akibatnya pada saat hujan deras turun, parit tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluap dan menggenangi jalan. Untuk itu gorong-gorong kita bongkar dan diganti dengan menggunakan Box Culvert.

Penggunaan Box Culvert dinilai sangat efektif, selain pengerjaannya cepat, juga bisa langsung dilintasi kenderaan bermotor. Jadi aktifitas warga sekitar tidak terganggu lama," jelas Danramil.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Menyambut Hari Juang TNI-AD 2019, Koramil 15/Kuala Kampar Laksanakan Karya Bakti Dan Bakti Sosial
Gubri Apresiasi Buku Karya Terbaik MMQ Rohil
Penuhi Kebutuhan Supply Tower Listrik, Waskita Dirikan Pabrik Baja di Serang
Koramil 15/KK Kodim 0313/Kpr Bersama Warga Tetap Semangat Selesaikan Karya Bakti
Hari Kedua Gebyar Karya Pertiwi 2019 Dipadati Pengunjung

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad