Home  / Penrem 031 WB
Babinsa Koramil 16/Tapung Lakukan Sosialisasi Karlahut Kepada Warga
Jumat, 13 September 2019 | 10:20:07
riaueditor
TAPUNG, riaueditor.com - Sesuai dengan arahan dari Komando Atas yang ditindak lanjuti oleh Dandim 0313/ KPR para Babinsa Koramil 16/Tapung  yang tergabung dalam Subsatgas Karlahut 7 Tim 3 melakukan sosialisasi secara massif, kali ini dipimpin oleh Pelda Ketut dengan melakukan sosialisasi dan patroli  secara intensif terhadap warga  Khususnya di wilayah Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar tepatnya di Koordinat 029'47" 101 20'53. Lokasi ini merupakan perkampungan dan rute menuju daerah rawan kebakaran.

Kegiatan ini sudah menjadi  kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari agar masyarakat  memahami  peraturan yang berlaku agar masyarakat faham betul akibat dari penerapan UU No 41 tahun 1999 tentang kehutanan, selain itu ada UU No 18 tahun 2004, dan juga UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Jika ke tiga undang-undang  ini diterapkan maka dapat merugikan masyarakat yang dengan sengaja membakar lahannya untuk kepentingan perkebunan atau kepentingan lainnya.

"Apa nggak sayang sama anak isteri? kita bekerja untuk anak isteri namun jangan sampai malah merugikan anak isteri kita," demikian dengan semangatnya Pelda Ketut dan para Babinsa lainnya dihadapan warga. 

"Kalau ada yang nyuruh olah lahan kebun dengan cara bakar jangan mau ya , nanti kita yang ditangkap  yang punya lahan enak- enakan," terang para Babinsa

Selain itu Tim Sosialisasi ini juga menghimbau para pemancing ikan yang mengail ikan  di sepanjang Sungai Siak dan  sungai-sungai kecil serta parit besar yang. membelah wilayah Koramil 16/ Tapung agar memperhatikan faktor keamanan.

"Jangan buat perapian disekitar sungai ya bapak- bapak nanti bara apinya terbang oleh angin ke semak belukar. Kalau sudah api besar sulit sekali kita padamkan, faham ya bapak- bapak," berulang kali masyarakat di himbau dan diingatkan oleh Babinsa.

Himbauan ini sesuai bukti yang  di temukan di lapangan dimana sebelumnya tim Patroli yang di Pimpin oleh Danramil 16/ Tapung  Kapten Inf Taufik Sihombing menemukan tungku-tungku yang terbuat dari kayu sebagai perapian , dan juga ada bekas-bekas  bungkus rokok dan botol minuman mineral disekira area bekas lahan terbakar, patut diduga  kelalaian ini bisa menjadi salah satu pemicu kebakaran.

Terang Danramil, selain menghimbau Tim Satgas meminta para pemancing ikan membuat perjanjian agar menjaga lahan agar tidak terbakar saat memancing. (***)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Cegah Penularan Covid 19, Anggota Koramil 05/Kampar Kiri dan Muspika Lakukan Penyemprotan Desinfektan
Ditpolair Polda Riau Tangkap Speed Boat Pembawa 16 TKI Ilegal dari Malaysia
Babinsa Koramil 07/Kampar Kodim 0313 KPR, Semprot Disinfektan di Desa Teratak
Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Komsos Tentang Pencegahan Covid 19 di Desa Bangun Sari
Jaga Stabilitas Harga, Babinsa Koramil 04/PKL Kuras Bersama Muspika Cek Harga Sembako

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad