Home  / Penrem 031 WB
Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Hukum Bekerjasama Dengan Kejari Kuansing
Senin, 25 Maret 2019 | 17:38:12
penrem031/wirabima
TALUK KUANTAN, riaueditor.com - Senin (25/3/2019), Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun anggaran 2019 di Gunung Toar pada hari ini, Selain kegiatan fisik juga dilaksanakan non fisik.

Pada hari ini pelaksanaan non fisik tentang Kesadaran Hukum dengan narasumber oleh Priandi Firdaus, jaksa fungsional Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuantan Singingi (Kuansing).

Dalam penyuluhan tersebut, Priandi menjelaskan, bahwa pekerjaan jaksa menuntut seseorang yang menjadi tersangka, seumpama tersandung dalam kasus pencurian di persidangan, hingga berapa lama didalam penjara dari apa yang telah diperbuatnya.

Hukum itu adalah aturan, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Sedangkan kesadaran itu adalah menyadari apa yang telah dilakukan. 

"Nah, kesadaran hukum itu adalah menyadari tentang apa itu aturan. Yang mana, hal itu berawal dari diri kita sendiri. Sehingga apa yang akan kita lakukan harus disadari dengan sesadar-sadarnya. Tujuannya agar kita tidak melakukan hal-hal yang diluar dari aturan atau disebut juga melanggar hukum. Dimana, kesadaran hukum itu merupakan dasar dari Sila Kelima Pancasila," terang Priandi Firdaus, SH MH didepan Siswa/i SMPN 2 Gunung Toar.

Hukum itu dibuat untuk di ta'ati dan bukan untuk dilanggar. Maka dari itu kepada para pelajar SMPN 2 Gunung Toar harus rajin belajar dan tegakkan sholat. Sehingga, tidak akan melangar hukum negara dan juga hukum agama, yang hukumnya wajib.

"Adik-adik yang diruangan ini saya nobatkan sebagai pelopor kesadaran hukum. Siswa/i di SMPN 2 Gunung Toar ini kedepannya harus sadar hukum dan jangan melanggar aturan atau melanggar hukum," ujar Priandi.

"Jangan berbuat semaunya, yang nantinya akan merugikan diri sendiri. Disamping kita sadar hukum, kita harus menta'ati dan bukan untuk dilanggar. Hukum tertinggi adalah UUD 1945 dan Pancasila serta TAP MPR yang dibuat oleh negara dan disahkan oleh DPR. Sedangkan hukum tidak tertulis itu yakni seperti hukum adat," kata dia. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan non fisik TMMD oleh Kodim 0302/Inhu.

Acara yang digelar di Aula SMPN 2 Gunung Toar ini dihadiri 70 orang pelajar SMPN 2 Gunung Toar, Selasa 19 Maret 2019, dengan tema "Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional. (Penrem 031/WB)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kodim 0302/Inhu Laksanakan Acara Kenaikan Pangkat
Persit Cabang LI Kodim 0302/Inhu Anjangsana Ke Warga Kurang Mampu
Penyuluhan Pelestarian Lingkungan Hidup TMMD Ke 104 Kodim 0302/Inhu
Brigjen TNI Erry Herman S.E. MPA Boncengi Prajurit Tinjau TMMD ke 104 Kodim 0302/Inhu
Masyarakat Gunung Toar Antusias Sambut Kedatangan Tim Wasev TMMD ke 104 Kodim 0302/Inhu

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad