Home  / Penrem 031 WB
Personel Bakamla Ikuti Operational Command Course di JCLEC
Rabu, 13 Februari 2019 | 18:09:13
Humas Bakamla RI
JAKARTA, riaueditor.com - Rabu (13/2/2019), Dalam perkembangannya menjadi Indonesian Coast Guard, personel Bakamla ditempa untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuannya, salah satunya yaitu dengan mengikuti undangan pelatihan Operational Command Course yang digelar oleh Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
 
Pelatihan digelar selama empat hari tanggal 4 sampai 8 Februari 2019 dan diikuti 16 personel dari berbagai satuan kerja yaitu Dit. Operasi Laut, Dit. Operasi Udara, Dit. Data dan Informasi, serta Kantor Pengelolaan Informasi Marabahaya Laut (KPIML). Selain itu adapula peserta dari Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL)  Batam, SPKKL Kupang, SPKKL Bitung, SPKKL Sambas, SPKKL Bali, Stasiun Bumi Babel dan Kantor Kamla Zona Maritim Timur Ambon.
 
Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan ketrampilan praktis terkait perencanaan, koordinasi, dan melakukan tindakan operasional terhadap ancaman keamanan maritim dan transnational. Sementara itu metode pengajaran yaitu melalui pemberian materi oleh instruktur dari Australian Border Force (ABF), kerja kelompok, diskusi, dan latihan praktikal.
 
Pelatihan ini sendiri melibatkan personel Bakamla yang sehari-hari berkecimpung di bidang operasi, data dan informasi serta monitoring dan surveillance dari kantor pusat hingga pengawasan perairan oleh stasiun pengawasan Bakamla di daerah. Melalui pelatihan ini maka personel Bakamla dididik untuk menjadi pengawak yang tangguh sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap meningkatnya kemampuan operasi patroli sebagai satu kesatuan yang utuh dengan melibatkan kemampuan laut, udara, deteksi kapal serta sharing data dan informasi.(Bakamla)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bakamla Susun Gambaran Operasional Di Laut
Mengatasi Tantangan Operasional UNTSO, UNDOF, dan Misi UNIFIL
Alasan Tak Punya Kendaraan, Zainal Bawa Pulang Mobil Operasional DPRD Pekanbaru
Naikkan Biaya Operasional Babinsa, Jokowi: Kita Berharap Ada Kinerja yang Lebih Konkret
Tim UNIFIL Periksa Perlengkapan Operasional Pasukan Garuda Indobatt XXIII-L

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad