Home  / Pendidikan
Besaran Biaya Kuliah Tiap Jurusan di Universitas
Rabu, 3 Juni 2020 | 18:53:55
(iStockphoto/1001nights)
Ilustrasi. Untuk menentukan jurusan yang dipilih, Anda dapat menjadikan besaran biaya kuliah sebagai pertimbangan.
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dibuka mulai 2-20 Juni 2020. Peserta dapat mulai menentukan jurusan atau universitas yang ingin dipilih.

Untuk memilih jurusan, Anda dapat mempertimbangkan besaran biaya kuliah pada setiap jurusan di berbagai universitas.

Besaran biaya kuliah merupakan biaya yang yang dikeluarkan untuk berkuliah di jurusan atau universitas tersebut pada setiap semester.

Besaran biaya kuliah sangat beragam tergantung pada mekanisme dan kebijakan perguruan tinggi tersebut. Biaya kuliah jalur masuk reguler juga akan berbeda dengan jalur masuk mandiri di universitas negeri. Perguruan tinggi swasta umumnya memiliki biaya kuliah yang lebih mahal ketimbang perguruan tinggi negeri.

Setiap universitas juga menerapkan mekanisme yang berbeda. Ada perguruan tinggi dengan biaya tetap, ada pula dengan menggunakan sistem berkeadilan yang disesuaikan dengan penghasilan orang tua.

Berikut besaran biaya sejumlah jurusan favorit.

1. Biaya kuliah jurusan kedokteran
Biaya kuliah jurusan kedokteran cenderung lebih mahal dibandingkan jurusan lainnya. Di Universitas Indonesia (UI) biaya kuliah jurusan kedokteran berkisar Rp0 hingga Rp7,5 juta per semester untuk mahasiswa reguler.

Di Universitas Gadjah Mada (UGM), biaya kuliah kedokteran berkisar Rp500 ribu hingga Rp26 juta. Di Universitas Andalas biaya kuliah kedokteran per semester berkisar Rp3,3 hingga Rp12 juta.

2. Biaya kuliah jurusan teknik
Jurusan teknik merupakan jurusan yang memiliki banyak peminat. Biaya kuliah jurusan teknik beragam.

Di UGM biaya kuliah jurusan teknik berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp12,5 juta per semester. Di UI biaya kuliah jurusan teknik mulai dari Rp0 hingga Rp7,5 juta. Biaya kuliah jurusan teknik di ITB mulai dari Rp0 hingga Rp12,5 juta.

3. Biaya kuliah fakultas ekonomi
Fakultas ekonomi menawarkan sejumlah jurusan mulai dari Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi. Biaya kuliah jurusan di fakultas ekonomi cenderung lebih murah dibandingkan jurusan rumpun ilmu sains dan teknologi.

Di Universitas Andalas, biaya kuliah di fakultas ekonomi berkisar mulai dari Rp0 hingga Rp3 juta. Di UI mulai dari Rp0 hingga Rp5 juta.

4. Biaya kuliah jurusan bahasa dan sosial
Jurusan bahasa, sosial, politik, dan hukum juga menawarkan biaya kuliah yang lebih murah ketimbang jurusan sains dan teknologi.

Di Universitas Brawijaya biaya kuliah rumpun ilmu sosial berkisar dari Rp0 hingga Rp6,75 juta. Di UGM berkisar dari Rp0 hingga Rp11 juta.

Sesuaikan kemampuan finansial orang tua dengan biaya kuliah di jurusan dan universitas yang diinginkan. Tak perlu khawatir, universitas beserta sejumlah lembaga juga menyediakan banyak beasiswa untuk mahasiswa yang tidak mampu dan yang berprestasi. 


(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Terkendala Biaya, Pasien Miskin di Rohul Belum Bisa Dirujuk ke RSUD Arifin Achmad
Biaya Perawatan Corona Rp25 Juta Per Hari, Ditalangi Kemenkes
Kemenkes: Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Rata-rata Rp50 Juta
Pemprov Riau Bakal Tanggung Setengah Biaya Tes Swab Bagi Mahasiswa dan Pelajar
Mahasiswa Mau dapat Keringanan Uang Kuliah? Ini Caranya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter