Home  / Pendidikan
Cegah Wabah Corona, Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 Unri 2020 Edukasi Mahasiswa
Selasa, 19 Mei 2020 | 23:24:17
Yolanda
Salah satu kegiatan Kukerta Relawan Covid-19 UNRI 2020 di Posko di Fakultas Kedokteran Universitas Riau.
PEKANBARU, riaueditor.com - Wabah COVID-19 menyebabkan kegelisahan dan kekhawatiran di seluruh dunia, termasuk di Indonesia karena memakan banyak korban jiwa. Oleh sebab itu, Fakultas Kedokteran UNRI dan Lembaga Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengambil tindakan yang cepat dengan membentuk Tim Relawan COVID-19 yang dianggap sebagai Kuliah Kerja Nyata tahun 2020 ini.

Tim Bay-Covid yang diketuai Inayah Tria Putri dengan anggota Nabila Gebrina dan Yolanda Qonita Salihat, adalah salah satu dari beberapa tim relawan Covid-19, yang terdiri dari mahasiswa pre-klinik di Fakultas Kedokteran UNRI.

Menurut Inayah, Kukerta ini mempunyai tujuan mengedukasi masyarakat dan mempunyai beberapa kegiatan.

"Tujuan dibentuknya Tim relawan ini untuk mengedukasi masyarakat, selain itu, kami juga melakukan penjagaan posko di Fakultas Kedokteran UNRI dan membantu input data pasien covid-19 di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau," katanya, Selasa (19/5/2020).

Menghitung persediaan alat pelindung diri dan vitamin di Posko Fakultas Kedokteran UNRI.

"Sasaran edukasi yang kami pilih yaitu mahasiswa jurusan non medis yang menempuh pendidikan di luar Riau, karena mahasiswa ini berpotensi sebagai orang tanpa gejala (OTG) yang dapat menularkan ke orang terdekat khususnya orang dengan penyakit kronis seperti kencing manis, darah tinggi, penyakit jantung dan ginjal," ujar Nabila.

"Tema edukasi yang kami angkat adalah kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19," ucap Yolanda.

Edukasi dilakukan dalam bentuk poster edukasi tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB), Physical Distancing, Work From Home(WFH) dan wajib pakai masker keluar rumah. Selain itu, pengetahuan seputar  fakta dan mitos mengenai berita COVID-19, orang dalam pemantauan(ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), orang tanpa gejala (OTG), gejala dan tanda COVID-19 serta manajemen stress dalam menghadapi COVID-19 juga diberikan.

Pemberian edukasi diberikan melalui fitur grup chat WhatsApp, penyebaran poster di Instagram (link: https://instagram.com/baycovid?igshid=ir9popgrezy ) serta video edukasi yang di upload di channel youtube (link: https://youtu.be/5_rDEaf-GH4 ). Seluruh kegiatan edukasi juga dimuat dalam blog (link: https://bay-covid.tumblr.com/ ). Tidak lupa diselingi dengan sesi tanya jawab dan games yang direspon sangat baik oleh sasaran.

Tim Kukerta Relawan Covid-19 Unri 2020 ini dibimbing oleh dosen instruktur dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau, dr Nurfi Pratiwi dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Deviona SP,MP.

Kami berharap Kukerta ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan yang telah dibuat pemerintah demi mencegah penularan COVID-19.


Youtube channel : https://youtu.be/5_rDEaf-GH4
Tumblr : https://bay-covid.tumblr.com/
Instagram : https://instagram.com/baycovid?igshid=ir9popgrezy
#relawancovid19fkunri
#kukertarelawanunri
#satgascovid19unri

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ilmuwan Ini Curiga, 80 Persen Manusia Sebenarnya Tak Mudah Terjangkit Covid-19
Insentif Tenaga Medis Covid-19 Diberi Langsung ke Rekening Masing-masing
Kabar Kurang Baik! Vaksin Covid-19 Belum Ada Titik Terang!
Penanganan Covid-19, Berikut Program Pemprov Riau Selama Pandemi
Studi Terbaru: Obat Darah Tinggi Redam Sakitnya Covid-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad