Home  / Pendidikan
Nadiem Pastikan UTBK SBMPTN 2020 Tetap Berjalan
Selasa, 24 Maret 2020 | 17:40:43
(CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020 tetap berjalan di tengah wabah covid-19 atau penyakit virus corona.

Sebelumnya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN diundur hingga waktu yang ditentukan. Ini disusul kebijakan pemerintah meniadakan UN 2019/2020 karena wabah corona.

"Untuk SBMPTN mau enggak mau kita harus melakukan. Karena anak-anak SMA harus masuk perguruan tinggi," ujarnya melalui konferensi video, Selasa (24/3).

Nadiem menekankan UTBK akan tetap dilaksanakan tahun ini. Namun pihaknya masih merumuskan waktu dan teknis dari penyelenggaraan UTBK agar tidak membahayakan keselamatan peserta.

"Kemungkinan besar akan kita tunda atau menemukan metode rolling atau shifting dan mengikuti protokol kesehatan. Jadi sudah pasti [seleksi masuk] perguruan tinggi tetap jalan terus mungkin dengan mekanisme dan waktu berbeda," tambahnya.

UTBK merupakan ujian yang wajib dilakukan oleh peserta yang ingin masuk PTN melalui jalur SBMPTN. UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi akademik (TKA) yang ditentukan sesuai kelompok ujian peserta.

LTMPT sebelumnya menetapkan jadwal UTBK menjadi dua tahap. Yakni pendaftaran UTBK tahap satu digelar pada 30 Maret hingga 11 April 2020. Sementara tes akan dilakukan pada 20-26 April 2020.

Kemudian pendaftaran UTBK tahap dua seharusnya digelar pada 14-16 April 2020. Sementara tesnya digelar pada 1-3 Mei 2020.

Namun pada Senin (23/3) kemarin, LTMPT memutuskan menunda pendaftaran dan penyelenggaraan UTBK hingga waktu yang ditentukan. Ini berlaku untuk UTBK tahap satu dan tahap dua.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tiba di Pekanbaru, 250 Santri Dari Lirboyo Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Hadapi Wabah Virus Corona, Budi Artiful: Tim Medis Harus Diberi Perhatian Khusus
448 ODP di Pekanbaru Akan Jalani Rapid Tes Covid-19 Serentak
Jalan di Jaksel Akan Disekat Cegah Covid-19, Polisi: Belum Ada Penutupan
Golkar Pelalawan Persiapkan Konsolidasi Partai, Usung Adi Sukemi Calon Bupati

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad