Home  / Pendidikan
Literasi Kesehatan Kemendikbud Untuk SD Tersedia di Aplikasi KIPIN School
Kamis, 5 Desember 2019 | 20:56:12
KIPIN ATM
Direktur Pendidikan.id, Bapak Ginting Satyana (kedua dari kiri) di gedung Kemendikbud Senayan Jakarta untuk distribusi digital literasi kesehatan UKS Sekolah Dasar.
JAKARTA - FGD Tim Pendidikan.id bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud) untuk meningkatkan budaya membaca atau literasi siswa khususnya bidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sekolah Dasar. 

Pendidikan.id sebagai platform pendidikan digital di Indonesia yang juga berperan penting dalam melahirkan karya-karya komik literasi sebagai bahan bacaan utama siswa sebelum jam pelajaran dimulai. 

Gerakan literasi untuk mewujudkan nawacita sekolah ini diatur dalam Peraturan Menteri no. 23 tahun 2013 yang mewajibkan siswa membaca buku bacaan literasi selain buku pelajaran selama 15menit sebelum jam pelajaran dimulai.

Kerjasama Komik Literasi Pendidikan.id dan Kemdikbud ini diharapkan mampu menanamkan kecintaan membaca pada anak-anak sejak usia dini. Selain buku pelajaran, video, dan paket tryout, Pendidikan.id menyediakan komik literasi seri moral budi pekerti, kesehatan, ilmu pengetahuan, sejarah dan pahlawan. 

Pemerintah khususnya Kemdikbud menggalakkan gerakan literasi di setiap sekolah, mengingat budaya literasi anak Indonesia yang masih tergolong sangat rendah. 

Dilihat dari survey tingkat internasional PISA (Program for International Student Assessment) yang dinaungi oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) menunjukkan tingkat kemampuan literasi anak Indonesia berada di peringkat ke 74 dan total 79 negara peserta dengan perolehan skor sebanyak 371. 

Angka skor tersebut masih di bawah rata-rata skor OECD yaitu 487. Kemampuan literasi survei PISA 2018 pada anak Indonesia menunjukkan adanya penurunan dibandingkan survei PISA tahun 2015 yang mendapatkan skor sebanyak 397. 

Menjadi PR untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pak Nadiem Makarim untuk meningkatkan minat baca anak Indonesia tak terkecuali. Dari pulau Jawa sampai Papua, semua daerah di Indonesia baik di kota maupun di daerah rural atau 3T. 

Semua konten belajar berupa buku pelajaran kurikulum pemerintah, video pelajaran, paket tryout dan komik literasi ini dapat unduh dalam satu aplikasi bernama "KIPIN SCHOOL 4.0" dan website Kemdikbud. Semua konten tersebut dapat diunduh secara GRATIS. Bersama Pendidikan.id tingkatkan literasi anak Indonesia. 

https://www.kipinschool.id/web/ untuk kota metropolitan

https://kipin.id/web/kipin-atm/ untuk daerah rural 3T

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Shalat Jumat di Masjid Al-Falah Kampung Paluh, Alfedri Ingatkan Jamaah Patuhi Protokol Kesehatan
Kurikulum Baru Kemendikbud: Sejarah Bukan Pelajaran Wajib SMA
Cegah Klaster Pemilu Tahun 2020, KPU Bengkalis Sosialisasikan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19
Sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah, Dandim Merauke Sosialisasi Protokol Covid-19 dan Karhutla
Dimulai Sore Ini, Satgas Covid-19 Rohil Berlakukan Sanksi Protokol Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter