Home  / Pendidikan
Disdik Pekanbaru Siapkan Soal Ujian Tingkat SD Tahun 2019
Jumat, 1 Februari 2019 | 20:37:51
jsn/riaueditor.com
Kasi. Kurikulum Dikdas Disdik Pekanbaru, Sakban, M Pd
PEKANBARU, riaueditor.com - Jelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 22 hingga 24 April mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) kota Pekanbaru tengah mempersiapkan materi soal ujian. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru melalui Kasi. Kurikulum Pendidikan dasar (Dikdas)  Disdik Pekanbaru, Sakban, M Pd di ruang kerjanya, Jumat (1/2/2019).

Dikatakan Sakban, dalam pembuatan materi soal ujian dan tim penyusun, pihaknya mengacu kepada Prosedur Operasional Standart (POS) yang ditetapkan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Yakni, para Guru yang ditunjuk pihak sekolah, pihak Dinas Pendidikan dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai pengarah atau narasumber, terangnya.

Menurut Sakban, tim penyusun soal ujian dibagi menjadi tiga kelompok sesuai jenis mata pelajaran. Masing-masing kelompok berjumlah 15 orang. Dan sebelum sampai ke pembuatan soal ujian USBN tim penyusun melakukan beberapa tahapan.
Tahab awal tim akan membuat indiikator kisi-kisi soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) sesuai Standart Kendikbud, yakni untuk mata pelajaran IPS, PPKN dan Budaya Melayu Riau (BMR), terangnya.

Selanjutnya, tim akan menyusun soal Ujian untuk USBN dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, (BI), Mate Matika (MTK) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dan dalam pembuatan soal-soal Ujian untuk USBN, harus tetap mengacu kepada kisi-kisi soal yang ditetapkan oleh Kemendikbud, paparnya.

Lagi kata Sakban, melihat tim penyusun soal ujian saat ini, adalah otang-orang yang profesional berpengalaman. Salah satunya Naguib Nasution yang dipercaya sebagai ketua Tim, pihaknya optimis materi ujian akan jauh lebih baik dan bermutu, akunya.

Syakban menambahkan, peserta didik kelas VI tingkat SD  negeri dan swasta sekota Pekanbaru yang akan mengikuti UAS dan USBN tahun 2019 berjumlah 19.750 siswa. Dia berharap, saat pelaksanaan UAS dan USBN natinya, para siswa bisa menjawab soal-soal ujian, sehingga bisa lulus 100 persen dan menghasilkan nilai terbaik, tutupnya. (jsn)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ternyata Guru Pembuat Soal ‘Bubarkan Banser’ di Garut Lulusan S2
Fathullah Kecewa Buruknya Pelayanan Disdukcapil Pekanbaru, Minta Evaluasi Kadis
Rakerkesda, Gubri Berharap Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan
Menkes dan Wagubri Buka Rakerkesda 2019
Pelayanan Kasda Pemkab Bintan Beralih Ke Jaringan Kantor Bank Riau Kepri Kijang

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad