Home  / Pemerintahan
Lakukan Pergeseran Anggaran, Pemprov Riau Fokus Penanganan Karhutla dan Vaksinasi Covid-19
Sabtu, 20 Maret 2021 | 20:19:35
istimewa
PEKANBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, saat ini tengah melakukan pencermatan anggaran kegiatan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Pencermatan dilakukan melalui skema pergeseran anggaran yang dianggap kurang tepat sasaran. Kemudian, anggaran itu akan difokuskan untuk dukungan penanganan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla), termasuk vaksinasi COVID-19. 

Selain itu, pergeseran anggaran juga dilakukan mengingat ketersediaaan Belanja Tak Terduga (BTT), untuk penanganan bencana hanya sekitar Rp60 miliar lebih. 

Masrul Kasmy menuturkan, saat ini Pemprov Riau sudah melakukan pencermatan kegiatan, melalui mekanisme pergeseran anggaran. 

"Sekarang ini kita melakukan pergeseran, pertama untuk dukungan penanganan kebakaran hutan dan lahan," kata Masrul Kasmy, Sabtu (20/3/2021) di Pekanbaru. 

Dia mencontohnya, pergeseran dilakukan seperti anggaran yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. "Jadi kita minta dicantumkan juga anggaran untuk Tim Satgas Karhutla, seperti Polda Riau, Korem 031 Wira Bima, dan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, dalam rangka penanggulangan Karhutla," Masrul menjelaskan. 

"Termasuk juga dukungan vaksinasi melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Karena kita diminta pemerintah pusat agar mengurangi sebesar 8 persen. Jadi yang 8 persen itu gunanya untuk mendukung vaksinasi," sambungnya. 

Di samping melalui pergeseran anggaran, tambah Masrul Kasmy, Pemprov Riau juga mencari sumber anggaran lain untuk penanganan Karhutla Riau. 

"Kita sudah minta tim pengarah BPBD Riau agar dapat mengusulkan bantuan anggaran di pemerintah pusat untuk penanganan Karhutla Riau 2021," tandasnya.(MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Panglima TNI: Strategi TNI-Polri Percepat Vaksinasi Nasional
Panglima TNI: TNI-Polri Dukung Program Vaksinasi Nasional, 1 Juta Vaksin Perhari
Pemerintah Perbarui Aturan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, Simak Penjelasannya
Cegah Karhutla, Gubri Akan Terbitkan Surat Edaran, Kabupaten/kota Diminta Bentuk Satgas Hingga ke Tingkat Desa
Cegah Karhutla, BPBD Riau Minta Kabupaten Kota Tingkatkan Patroli

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter