UCAPAN RAMADHAN RIAUEDITOR
Home  / Pemerintahan
Antisipasi Karhutla BPBD Riau Siapkan 12 Eskavator Gratis Bagi Warga Buka Lahan Perkebunan
Rabu, 24 Februari 2021 | 18:25:39
Kepala BPBD Provinsi Riau, Edwar Sanger
PEKANBARU - Bagi warga yang ingin membuka lahan perkebunan pemerintah Provinsi (Pemprov) siapkan 12 unit alat berat jenis eskavator. Alat berat tersebut merupakan langkah Gubernur Riau, H Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution dalam mengatasi pembukaan lahan dengan cara membakar.

Informasi tersebut, disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger usai  pertemuan tindak lanjut pasca penetapan Status Siaga Karhutla Riau, Rabu (24/2) di Kantor BPBD Riau. 

Dikatakannya jika untuk pinjam pakai alat berat tersebut diberikan secara cuma-cuma atau gratis karena merupakan program dari gubernur Riau untuk masyarakat Riau.

Sedangkan untuk pinjam pakainya, masyarakat tinggal koordinasi dengan Dinas Perkebunan dan BPBD kabupten kota setempat yang selanjutnya direkomendasikan ke PUPR selaku penyedia peralatan.

"Ini merupakan program bapak gubernur untuk masyarakat, makanya diberikan secara gratis," katanya.

Program ini tambahnya, juga merupakan langkah strategis Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dalam persiapan mengantisipasi Karhutla setelah menerapkan status Siaga Darurat Karhutla beberapa waktu lalu. 12 Eskavator itu kini telah disiapkan di Dinas PUPR provinsi Riau. 

"Dengan adanya program ini, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang melakukan pembakaran dalam pembukaan lahan," ujarnya.

Disinggung terkait pengajuan helikopter ke BNPB, Edward menjelaskan, jika saat ini masih dalam persiapan dan koordinasi  dengan pihak BNPB. Pasalnya, untuk helikopter ini juga sedikit terkendala pandemi Covid-19 karena benerapa daerah masih lockdown. Sehingga petugasnya terbatas. 

"Helikopternya ada, tapi  petugasnya belum ada maka itu masih menunggu informasi itu. yang pasti untuk helikopter ini sudah disiapkan BNPB untuk Riau," jelasnya.

Lebih jauh katanya, untuk Karhutla ini BNPB sudah mempersiapkan sebanyak 11 unit Helikopter. "Untuk Riau kita baru mengajukan 3 unit saja, 1 untuk patroli dan 2 untuk Water Bombing. Mudaha-mudahan dalam waktu dekat ini bisa dikirim," tuturnya.(MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
TNI Buka Layanan Kesehatan Gratis di Papua
Lakukan Pergeseran Anggaran, Pemprov Riau Fokus Penanganan Karhutla dan Vaksinasi Covid-19
12 Ekskavator Pemprov Riau Bisa Digunakan Satgas Darat Karhutla untuk Membuat Embung
Apel Siaga Pencegahan Karhutla Riau Tahun 2021, Komitmen Polda Riau Tangani Karhutla, Proses 9 TSK
Gubri Sebut Masih Ada Kades yang Tidak Responsif Dalam Penanganan Karhutla

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter