UCAPAN RAMADHAN RIAUEDITOR
Home  / Pemerintahan
Pertama di Sumatera, RSUD Arifin Achmad Miliki Alat ECMO untuk IGD dan Covid-19
Selasa, 2 Februari 2021 | 18:05:28
istimewa
PEKANBARU - Pertama dan satu-satunya di Sumatera, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad kini memiliki satu alat ECMO atau Extra Corporeal Membrane Oxygenator. Rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Riau merupakan terbesar di Provinsi Riau yang menjadi milik pemerintah daerah.

Direktur RSUD Arifin Achmad, dr Nuzelly Husnedi saat ditemui mengatakan, alat ECMO ini sebagai penunjang pelayanan Covid-19 dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) kedepannya.

"Penggunaan ECMO memiliki kesamaan fungsi sebagai alat bantu sirkulasi, tetapi sangat berbeda dalam beberapa aspek manajemen alat serta pasiennya. Secara umum prinsip ECMO adalah menarik darah dari sistem pembuluh darah besar kemudian dioksigenasi dan dikembalikan lagi," kata Nuzelly, Selasa (2/2/2021).

Penggunaan alat ECMO ini, dikatakan Nuzelly, cukup pesat pada negara atau institusi yang memfasilitasi adanya transplant jantung atau paru-paru, serta kondisi pelayanan pandemik Covid-19 saat ini. ECMO semakin berkembang pesat dan menjadi bagian integral bagi pelayanan kardiovaskular yang tidak bisa dihindari dalam memberikan terapi secara holistik.

"Karena terapi medikamentosa dan pembedahan konservatif tidak dapat mengembalikan secara optimal fungsi sirkulasi, maka metode ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendukung sirkulasi sementara," ungkap Nuzelly.

ECMO juga bisa berfungsi sebagai ventilator, dijelaskan Nuzelly, untuk membantu pernafasan pasien Covid-19. Sebagai rumah sakit pendidikan dan rujukan, RSUD Arifin Achmad terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat Riau.

"Dengan hadirnya alat ECMO ini kita berharap, pelayanan semakin optimal untuk masyarakat. Apalagi, rumah sakit kita satu-satunya yang memiliki alat ini di Sumatera," tutup Nuzelly. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sandiaga Uno Jabarkan Strategi Peluang Usaha di Masa Pandemi Kepada Milenial Riau
Pak Prabowo, Ada 2 Kapal China Terdeteksi di Selat Sunda Nih!
800 Pengaduan Masuk ke DP, Dheni Kurnia Ingatkan Media di Riau Patuhi Kode Etik
Wujudkan Hidup Berdampingan, Kodim Jayapura Undang Tokoh Agama, Adat, Masyarakat dan Pemuda
Fauzi Amro Sesalkan Aksi Penganiayaan Terhadap Perawat di RS Siloam Palembang

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter