Home  / Pemerintahan
BMKG Rilis Wilayah Waspada Banjir, Termasuk Riau
Kamis, 21 Januari 2021 | 19:01:20
Foto : Ist
PEKANBARU - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan bahwa BMKG telah merilis sejumlah wilayah yang statusnya waspada banjir. 

Yang mana, wilayah Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) berada pada kategori siaga terhadap potensi terdampak banjir dan banjir bandang. Potensi tersebut mengacu pada prakiraan cuaca yang terpantau oleh BMKG. Kondisi ini berlaku pada 22 Januari 2021, pukul 07.00 WIB sampai dengan 23 Januari 2021, pukul 07.00 WIB. 

Beberapa wilayah terpantau berpotensi hujan lebat, khususnya wilayah Aceh dan Sumut. Merespon informasi ini, BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan bahaya hidrometeorologi, seperti banjir dan banjir bandang. Berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 23 wilayah administrasi setingkat kabupaten dan kota di Provinsi Aceh teridentifikasi berpotensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. sedangkan pada bahaya banjir bandang, Aceh juga memiliki potensi dengan kategori yang sama di 20 wilayah. 

Dapat dilihat dengan aplikasi Info BMKG, pada 23 Januari 2021, prakiraan curah hujan di Aceh Timur terjadi hujan ringan hingga lebat. Pada wilayah Sumut, sebanyak 33 wilayah administrasi kabupaten dan kota berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi, sedangkan 30 untuk banjir bandang.

"Di samping kedua provinsi tersebut, BMKG merilis provinsi dengan tingkat waspada terhadap potensi dampak banjir dan banjir bandang berdasarkan analisis prakiraan cuaca," kata Raditya Jati, Kamis (21/1/2021).

Berikut wilayah dengan status waspada, yaitu Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ketua IKKT Cabang 10 Puspen TNI Berikan Bantuan Sosial Kepada Korban Banjir
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat dan Potensi Banjir pada Senin 22 Februari 2021
4 Anak Jadi Korban Banjir Jakarta Saat Bermain Air
5 Orang Meninggal Akibat Banjir Jakarta
BMKG: Banjir dan Tanah Longsor Bisa Terjadi Sampai April 2021

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter