Home  / Pemerintahan
Dinas ESDM Riau Ajukan Bantuan `Rooftop` Panel Surya untuk Sekolah Lewat APBN
Sabtu, 16 Januari 2021 | 19:58:18
Foto : Ist
PEKANBARU - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau tahun ini kembali megajukan permohonan pemasangan `Rooftop` Panel Surya untuk sejumlah sekolah dan kantor instansi pemerintahan di wilayah setempat lewat pembiayaan APBN. 

Kepala Dinas ESDM Indra Agus Lukman mengatakan, untuk tahun ini, pihaknya telah mengajukan pemasangan Rooftop di 12 titik, meliputi gedung sekolah dan sejumlah kantor instansi. Yang mana dengan pemasangan Rooftop tersebut, nantinya akan membantu mengurangi tagihan listrik PLN.

"Rooftop ini dia seperti panel surya, tapi tidak menggunakan baterai. Dia langsung terkoneksi dengan jaringan PLN. Ini akan membantu mengurangi biaya pemakaian listrik," kata Indra, Sabtu (16/1/2021) di Pekanbaru.

"Untuk pemasangannya kita ajukan lewat APBN, nanti orang dari kementerian yang akan memasang langsung, kita hanya menentukan titik pemasangannya," tambah Indra lagi. 

Tahun lalu, pemerintah pusat lewat Kementerian ESDM juga telah memberikan Rooftop kepada Riau sebanyak 10 unit. Rooftop tersebut merupakan hadiah yang diberikan oleh pusat lantaran Dinas ESDM Riau berhasil meraih juara I pada ajang Penghargaan Subroto tahun 2019 dalam efisiensi energi nasional kategori penghematan energi di instansi pemerintah daerah.

"Yang untuk pemasangan Rooftop tahun lalu di antaranya kita pasang di SMA 8, SMA 1, RSUD, Perpustakaan dan di sejumlah kantor OPD di lingkungan Pemprov Riau," terangnya.

"Jadi tahun ini kita usulkan lagi, dari usulan tersebut mungkin nanti bisa bertambah lagi jumlahnya. Kita masih prioritaskan titik pemasangannya di sekolah-sekolah dan kantor pemerintahan," demikian Indra. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
BPBD Riau Ajukan Tiga Helikopter Untuk Penanganan Karhutla Tahap Awal
Tiga OPD di Lingkungan Pemprov Riau Ajukan Paket Lelang Kegiatan APBD 2021
Pemprov Riau Terima Investor Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berskala Besar
Dana Nyangkut Rp 14 T, Bagaimana Nasib Nasabah KSP Indosurya?
Zul Zivilia Ajukan Kasasi Atas Vonis 18 Tahun Penjara

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter