Home  / Pemerintahan
Tahun Ini Pemprov Riau Targetkan TORA Sebanyak 21.213 Bidang
Jumat, 8 Januari 2021 | 19:49:16
Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution
PEKANBARU - Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau pada tahun ini menargetkan untuk redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) sebanyak 21.213 bidang. Redistribusi TORA tersebut nantinya akan dilakukan di 9 kabupaten/kota di Riau.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution mengatakan, sumber TORA untuk tahun 2021 berasal dari kewajiban pemegang Hak Guna Usaha (HGU) menyediakan 20 persen dari luas HGU untuk masyarakat, kemudian dari pelepasan kawasan hutan.

"Selain bersumber dari HGU, TORA juga bersumber dari tanah transmigrasi, eks tanah terlantar dan SK tanah objek Landreform lama yang belum disertipikatkan," kata Wagubri, Jumat (8/1/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya target tersebut, pihaknya juga meminta perhatian dari para Bupati/Walikota di seluruh Provinsi Riau untuk memerintahkan segenap jajarannya untuk dapat berperan secara aktif dalam Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dan Panitia Pertimbangan Landreform (PPL).

"Hal tersebut guna kelancaran pelaksanaan redistribusi TORA dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tiap wilayahnya masing-masing," pintanya.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar para Bupati/Walikota untuk dapat menganggarkan dalam APBD sesuai dengan kemampuan daerah masing-masing.

"Tujuannya untuk keperluan biaya-biaya persiapan pendaftaran tanah yang diperuntukkan dalam pelaksanaan redistribusi TORA dan PTSL serta kegiatan sertifikasi tanah yang tidak dianggarkan melalui APBN," sebutnya. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Update Covid-19 Riau: Pasien Sembuh Bertambah 75 Orang, Kasus Baru Tambah 55
Helikopter Water Bombing Tiba di Riau, Besok Langsung Padamkam Karhutla Rohil
Kasum TNI Buka Rakorpers TNI Tahun 2021
Plh Sekdaprov Riau Kukuhkan Pengurus Aspekraf Riau Masa Bakti 2021-2023
Indra Gunawan Eet Sebut Nasarudin Sosok Muda Enerjik dan Smart, Layak Nakhodai KNPI Riau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter