Home  / Pemerintahan
Wagubri Ikuti Peringatan Hari HAM Sedunia ke-72 Secara Virtual
Senin, 14 Desember 2020 | 15:13:14
istimewa
PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution mengikuti peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke 72 secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (14/12/20).

Peringatan Hari HAM sedunia ke-72 tahun 2020 tersebut mengusung tema "Recover Better - Stand Up For Human Rights".

Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi menyampaikan bahwa pada tahun 2020 dari jumlah keseluruhan kabupaten kota di Indonesia yang berjumlah 514 tercatat 439 kabupaten kota atau sekitar 85,5% yang telah berpartisipasi dalam rangka kabupaten kota peduli HAM.

"Pencapaian data untuk dilakukan penilaian oleh tim yang dibentuk oleh menteri hukum dan hak asasi manusia dari jumlah partisipan tersebut hanya 259 kabupaten kota atau sekitar 59% yang meraih penghargaan kabupaten kota peduli hak asasi manusia," katanya.

Mualimin melanjutkan, selain pemberian penghargaan kabupaten kota peduli HAM, Kemenkumham juga telah mendorong penerapan pelayanan publik berbasis HAM yang saat ini masih terbatas di lingkungan internal Kemenkumham yaitu pada UPT pemasyarakatan, imigrasi dan Balai harta peninggalan.

"Tujuannya  agar standar dan normal  hak asasi manusia diinternalisasikan dalam pemenuhan kebutuhan layanan atau pelayanan publik kepada masyarakat," ujarnya

Ia mengharapkan kedepan program ini tentunya lebih ditingkatkan, bukan hanya di lingkungan Kemenkumham namun juga kepada seluruh instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah. 

Hal ini sejalan dengan amanat undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dimana didalam pasal 28i ayat 4 yang menyatakan penghormatan perlindungan pemajuan penegakan dan pemajuan hak asasi manusia menjadi tanggung jawab negara khususnya pemerintah.

Turut hadir dalam acara tersebut Pimpinan DPRD Riau Hardianto, Danrem 031/Wirabuma Brigjen TNI M Syech Ismed, dan Perwakilan Forkopimda Provinsi Riau, Asisten II Setdaprov Riau Evarefita, serta Bupati/Wali Kota yang meraih penghargaan kabupaten/Kota peduli HAM dan Kepala UPT yang turut hadir. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Hari Kesepuluh Operasi Antik, Polda Riau Tangkap 363 Pelaku Kasus Penyalahgunaan Narkoba
Public Campaign Pengendalian Gratifikasi, PN Rohil Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM
Masuk Nominasi Terbaik, YLBH Bhakti Keadilan Terima Penghargaan dari Menkumham RI
Komnas HAM Dukung TNI-Polri Lakukan Pengamanan di Papua
Kakanwil Kemenkum Ham Riau Lantik 10 Anggota MPDN

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter