Home  / Pemerintahan
Wagubri Buka Webinar Launching Policy Brief Penanganan Konflik Perkebunan Sawit di Riau
Selasa, 1 Desember 2020 | 18:39:32
Wagubri Edy Natar Nasution
PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution membuka sekaligus menjadi penanggap pada acara webinar "Launching Policy Brief penanganan konflik perkebunan sawit di Riau" secara virtual di Kediaman Wakil Gubernur Riau, Selasa (01/12/2020).

Saat membuka webinar tersebut, ia menyampaikan bahwa salah satu penyelenggaraan usaha perkebunan adalah untuk mensejahterakan dan kemakmuran rakyat serta menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat yang ada disekitar perkebunan tersebut.

"Dengan peran dan fungsinya tersebut, sub sektor perkebunan memberikan fungsi pendapatan domestik bruto yang segnifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," kata Wagubri.

Diungkapkannya, salah satu penghambat usaha perkebunan yaitu terjadinya konflik antara perusahan perkebunan dan masyarakat. Yang mana hubungan antara perusahan dan masyarakat sekitar tidak selalu terjalin dengan baik karena ada banyak ketidakpuasan terhadap beroperasinya perusahaan di wilayah mereka.

Konflik perkebunan biasanya memiliki sifat yang multidimensi menyangkut hukum, sosial, budaya, politik dan ekonomi sehingga permasalahan tersebut tidak bisa diselesaikan secara versial, akan tetapi menurutnya, hal tersebut tetap harus melibatkan beberapa instansi baik dipusat maupun di daerah.

Untuk memfasilitasi penanganan konflik perkebunan pemerintah provinsi Riau, sesuai sesuai dengan keputusan Gubernur Riau maka telah dibentuk tim terpadu penanganan konflik sosial yang terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan, TNI serta jajaran perangkat daerah terkait.

"Semoga webinar dalam penanganan konflik tersebut dapat memberikan jalan keluar dalam penanganan konflik perkebunan sawit khususnya di Provinsi Riau," tutupnya. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Webinar Sesi II Pers dan Covid-19, Delapan Wartawan Terima Doorprize
Webinar Ketahanan Pangan untuk Wartawan Usai, Insentif Rp100 Juta Disiapkan PWI Riau-SPS Riau
SMA Pradita Dirgantara Gelar Webinar Penelitian Bidang Kelautan dan Oseanografi
Siak Bedelau Sukses Menginspirasi Ratusan Guru di Indonesia
Briefing Wadan Seskoad Kepada Organik Seskoad

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter