Home  / Pemerintahan
Kampung KB, Cetak Generasi Sehat Berkualitas Sambut Bonus Demografi 2045
Sabtu, 21 November 2020 | 12:29:25
Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru, Muhammad Amin
PEKANBARU, riaueditor.com - Visi Indonesia Emas akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2040-2045 mendatang, yaitu perubahan struktur usia penduduk, di mana penduduk usia produktif lebih banyak dari penduduk usia non produktif. Perlu persiapan sejak dini menyiapkan manusia yang tangguh dan berkualitas untuk mengoptimalkan potensi bonus demografi.

Salah satu upaya mengoptimalkan bonus demografi tersebut yakni melalui Kampung KB. Di Kampung KB, disiapkan generasi dengan melakukan pembinaan keluarga, di antaranya pendewasaan usia perkawinan, mengatur kelahiran, ketahanan keluarga dan bina kesejahteraan keluarga.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru,  Muhammad Amin, Jumat (20/11) menyampaikan, sejak dimulainya program Kampung KB di Pekanbaru pada 2017 lalu, Disdalduk KB telah membangun 12 Kampung KB dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan keluarga guna mewujudkan keluarga berkualitas.

Kampung KB, kata Amin tidaklah identik dengan kontrasepsi saja, tetapi merupakan program terpadu dan terintegrasi dengan program lainnya.

Berkaitan tentang bonus demografi, dijelaskan bahwa untuk membentuk generasi berkualitas yang memiliki SDM unggul dan mampu bersaing, tentu dimulai dengan keluarga yang berkualitas. Kesejahteraan keluarga, menjadi kunci pokok keluarga yang berkualitas dan bahagia.

"Bagaimana mau sejahtera jika kebutuhan pokok saja belum terpenuhi," kata Muhammad Amin.

Di Pekanbaru terdapat 33 kelompok binaan dari Kampung KB, yakni usaha kecil atau home industri. Dari home industri ini dapat membantu ekonomi keluarga, sehingga dapat menunjang kesejahteraan keluarga, tukas Amin.(af)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Obrak Abrik Pangeran Hidayat dan Kampung Dalam, Hasil Tes Urine
DPR: Kampung Tangguh Narkoba Ide Cerdas Kapolri Sebagai Pertahanan Peredaran Gelap Narkoba
Baku Tembak dengan Aparat, 1 Anggota KKB Papua Tewas
Pesawat di Bandara Ilaga Dibakar Teroris KKB Papua
KBM Tatap Muka Batal Digelar, Disdik Pekanbaru: Tunggu Zona Kuning atau Hijau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter