Home  / Pemerintahan
Gubri: Tol Bukan Untuk Balapan, Kecepatan Maksimum 80 Km Perjam
Sabtu, 26 September 2020 | 16:52:36
istimewa
PEKANBARU - Untuk memastikan kelancaran pengoperasian jalan tol Pekanbaru-Dumai, pasca di resmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (25/9) kemarin. Gubernur Riau, Syamsuar, bersama Kapolda, Danrem dan Danlanud, meninjau langsung kondisi kenyamanan masyarakat dalam menggunakan jalan bebas hambatan ini, Sabtu (26/9).

"Sesuai dengan kebijakan HK sebagai pengelola, mulai hari ini tol Perkanbaru-Dumai dibuka. Tanpa bayaran gratis, kepada masyarakat tol gratis artinya tidak bayar, tapi tetap menggunakan kartu. Artinya untuk membuka gerbangnya menggunakan kartu. Dan yang telah ada ini ada dari beberapa Bank, Bank Riau Kepri, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan BCA. Walaupun gratis tetap menggunakan kartu," ujar Gubri, Syamsuar, usai meninjau pengoperasian tol Permai. 

Dijelaskan Gubri, bagi masyarakat yang menggunakan tol Permai, diharapkan untuk mengikuti aturan yang berlaku di tol. Karena penggunaan tol yang bebas hambatan ini, tidak sama dengan jalan umum biasanya. Walaupun bebas hambatan kecepatan juga dibatasi untuk keselamatan pengendara.

"Jalan tol ini paling tinggi kecepatannya adalah 80 Kilometer perjam, dan paling rendahnya 60 kilometer perjam. Harapan kami tidak digunakan untuk balapan, karena jalan tol ini berbahaya sekali kalau nanti kencang. Oleh karena itulah selam dua minggu ini harapan kami tidak ada kecelakaan, harapan kami masyarakat ikut tertib. Mari gunakan aset yang kita banggakan ini pertama kali di Riau," kata Gubri. 

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru Dumai sepanjang 131,5 KM terdiri atas 6 (enam) seksi tol yakni seksi 1 (Pekanbaru - Minas) sepanjang 10 KM , seksi 2 (Minas Kandis Selatan) sepanjang 24 KM, seksi 3 (Kandis Selatan Kandis Utara) sepanjang 17 KM, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26 KM, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,5 KM dan seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25 KM.

Tol Pekanbaru-Dumai dilengkapi dengan 5 (lima) interchange atau Simpang Susun (SS), 4 jembatan sungai yakni di Sungai Tekuana, Sungai Bangso, Sungai Sam-Sam dan Sungai Mandau yang akan memperlancar arus perjalanan kendaraan dari dan menuju ke arah Dumai, Riau. Tol dengan lebar jalur utama sepanjang 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi oleh 7 (tujuh) Gerbang Tol (GT) yaitu GT Pekanbaru, GT Minas, GT Kandis Selatan, GT Kandis Utara, GT Pinggir, GT Bathin Solapan, dan GT Dumai. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Antisipasi Kecepatan Pengendara di Tol Pekanbaru-Dumai, Satlantas Polda Riau Gelar Razia
Masterplan Banjir Kota Pekanbaru Capai Progres `Antara`
Demo Omnibus Law Hari Ini, Jakarta hingga Surabaya
Tak Boleh Demo, Mahasiswa UGM Kemah di Kampus Tolak Ciptaker
Mahasiswa Gagal Tembus Istana, Demo Diadang Kawat Berduri

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter