Home  / Pemerintahan
MTQ Tingkat Kabupaten Pelalawan Ke-XIX Tetap Digelar di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Pertimbangannya
Jumat, 18 September 2020 | 18:35:54
istimewa
PELALAWAN, riaueditor.com - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-19 tingkat Kabupaten Pelalawan dijadwalkan akan tetap digelar pada pertengahan bulan Oktober 2020 mendatang. Seharusnya tuan rumah Kecamatan Ukui, namun dengan segala pertimbangan terutama covid-19 maka digelar di Ibukota Pangkalan Kerinci.

Hal ini disampaikan H Tengku Muhlis, M.Si, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ) melalui Sekretaris Akmamul Hadi kepada riaueditor.com, Jumat (18/9/2020). Menurutnya, sejumlah pertimbangan menjadi dasar tetap digelarnya MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan.

"MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan yang seharusnya tuan rumah Kecmatan Ukui dipindahkan ke Pangkalan Kerinci. MTQ digelar sekira tanggal 19 hingga 27 Oktober 2020 mendatang. Dimasa pandemi covid-19, tentu pola kegiatannya berbeda. Pawai Taaruf ditiadakan. Pembukaan akan digelar di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja Pangkalan Kerinci dengan pembatasan tamu yang hadir," paparnya.  

Ditambahkannya, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada 7 jenis perlombaan yakni cabang tilawah alquran, tahfidz alquran, tafsir alquran, khattil alquran, syarhil quran, fahmil quran, musabaqah makalah alquran. Namun polanya berbeda, lebih banyak perlombaan yang tidak bertemu kafilah satu sama lain dan beberapa tetap dipertemukan. 

"Misalnya untuk tilawah, ada 1 kecamatan 16 peserta maka dihabiskan dilanjutkan dengan kafilah dari kecamatan lain. Kalau cabang syahril, fahmil, cerdas cermat, khattil atau kaligrafi maka dipertemukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat," bebernya.  

Dilanjutkannya, Kabupaten Pelalawan akan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 tingkat Propinsi Riau yang seyogyanya dijadwalkan pada Oktober 2020 mendatang resmi ditunda hingga April 2021 sebelum masa jabatan Bupati Pelalawan saat ini berakhir.

Penundaan MTQ Tingkat Propinsi Riau di Kabupaten Pelalawan resmi ditunda sesuai hasil Rapat Pembahasan Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau ke-39 Tahun 2020 akhir Juni 2020 lalu di ruang Melati Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman Pekanbaru.

"Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan jelang pelaksanaan MTQ tingkat Propinsi Riau di Kabupaten Pelalawan. Kita harus segera menggelar MTQ tingkat Kabupaten dulu agar dapat lebih luang dalam persiapan sebagai tuan rumah. Kabupaten/Kota lain juga mengagendakan MTQ untuk peraiapan pelaksanaan MTQ tingkat Propinsi di Pelalawan. Kita sebagai tuan rumah terlebih harus lebih siap," tukasnya.(ZoelGomes)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dimasa AKB, Polsubsektor Pelalawan Gencar Sosialisasi Protokol Kesehatan
Tim Hunter Bingal Jaring 10 Pelanggar Prokes di Kuala Kampar
Polsubsektor Pelalawan Gencar Laksanakan Ops Yustisi Dimasa AKB
Air Putih, Rahasia Bertahan Penyintas Covid-19
Covid-19 Belum Berakhir, Polwan Polsek Teluk Meranti Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter