Home  / Pemerintahan
M Jamil: Pemekaran Kecamatan Tidak Akan Hilangkan History Daerah
Jumat, 4 September 2020 | 16:04:21
Plt. Sekdako Pekanbaru M. Jamil
PEKANBARU, riaueditor.com - Sesuai Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) yang sudah disyahkan DPRD kota Pekanbaru, pemekaran kecamatan dilaksanakan pada tahun 2021.

Menjelang pemekaran 3 kecamatan tersebut, saat ini Pemko Pekanbaru tengah mengerjakan batas wilayah tanpa menghilangkan history daerah yang dimekarkan.

Hal itu disampaikan Plt. Sekdako Pekanbaru M. Jamil sesaat sebelum menerima Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa, Kamis (3/9/20).

"Sesuai hasil rapat kami, setiap pusat kota kecamatan yang sudah ditetapkan pemekarannya, tidak akan dihilangkan history daerah itu", ucapnya.

Jamil mencontohkan, kecamatan Tenayan Raya yang dulu lebih identik dengan daerah Kulim. Nantinya pemekaran kecamatan Kulim menjadi history daerah tersebut.

Ia menjelaskan, pada pemekaran nanti ada 3 Kecamatan yang ditambah. Sehingga dari total 12 Kecamatan yang ada saat ini nantinya kota Pekanbaru menjadi 15 kecamatan.

Selain Tenayan Raya Pemko juga akan memekarkan Kecamatan Tampan dan Rumbai.

"Dari 12 itu 5 berganti nama, 3 bertambah dan dua berganti nama. Tentu ini berdampak kepada masyarakat yang  berdomisili di setiap daerah tersebut seperti KTP", katanya.

Untuk itu, M. Jamil berjanji akan membantu pembuatan identitas  masyarakat tersebut.

Saat ini kata M Jamil, Pemko terus menggesa pemekaran agar berjalan secara maksimal sesuai Ranperda yang telah disyahkan.

Sementara itu, terkait kantor kecamatan yang dimekarkan pihaknya kata Jamil sudah mempersiapkan.

"Terkait kantor sudah kita persiapkan. Apakah ruko kita sewa atau perumahan yang representatif. Dan itu sudah dibicarakan dan difinalkan agar roda pemerintahan berjalan. Kalau batas wilayah, itu yang pertama kita kerjakan", katanya.

Ia mengatakan, apabila suatu daerah sudah jadi pusat pemerintahan, maka daerah itu akan maju.

Dikatakan Jamil, pemekaran kecamatan bertujuan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat serta memudahkan Pemko dalam  mengontrol pembangunan di daerah tersebut. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Warga Pekanbaru di Hebohkan Penangkapan Oknum Polisi Bawa 16 Kg Sabu
Permudah Akses ke Tol, Pemprov Dukung Pembangunan Jalan Lingkar Luar Kota Pekanbaru
Masterplan Banjir Kota Pekanbaru Capai Progres `Antara`
Perwako OTG Sudah Diteken Wali Kota Pekanbaru
Ini Komentar Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai Soal Kasus Kecelakaan di Tol

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter