Home  / Pemerintahan
Khawatir Jika ke Rumah Sakit Langsung Dijadikan PDP, Kadiskes Riau : Itu Sama Sekali Tidak Benar
Minggu, 12 Juli 2020 | 20:40:01
Foto: ist
PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Minggu (12/7/2020) mengatakan, sejauh ini ada kekawatiran masyarakat datang ke rumah sakit, selanjutnya akan dijadikan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) oleh rumah sakit. Ditegaskan Mimi hal tersebut sama sekali tidak benar.

"Masyarakat takut, kalau sudah ke rumah sakit untuk berobat, maka akan langsung dijadikan PDP. Itu sama sekali tidak benar. Banyak proses yang harus dilakukan untuk mengetahui dan menjadikan seseorang itu PDP, diperiksa terlebih dulu, dan banyak lagi diceknya, tidak bisa sembarangan saja," ujarnya.

Hal ini disampaikan Mimi menyusul terjadinya penurunan kunjungan pasien di rumah sakit yang cukup signifikan. Bahkan berdasarkan data yang dirilis Asosiasi Rumah Sakit Swasta (ARSS) Provinsi Riau, penurunan jumlah kunjungan pasien di rumah sakit swasta di Riau mencapai 40 hingga 60 persen sejak Pandemi Covid-19 ini. 

Pihaknya menyarankan, agar pihak rumah sakit harus bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat, bahwa berobat ke rumah sakit bukan untuk dijadikan PDP.

"Masyarakat yang berobat juga mesti jujur ketika ditanya tenaga medis, misalnya soal riwayat perjalanan dan lainnya," kata Mimi. 

Hal senada disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau, Zul Asdi. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan adanya informasi-informasi hoaks, yang menyudutkan pihak rumah sakit untuk menjadikan pasien positif Covid-19, sehingga hal tersebut juga membuat kawatir masyarakat dan takut berobat di rumah sakit.

"Itu hoaks yang mesti dicounter, tidak bisa dibiarkan masyarakat semakin larut dengan informasi yang sesat seperti itu. Masyarakat juga harus lebih cerdas ketika mendapatkan sebuah informasi, tidak menelannya mentah-mentah," katanya. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jelang Latihan Bersama US Army, Yonif Para Raider 501 Kostrad Gelar Penyiapan
Bersempena HUT RI Ke 75, Polsek Tenayan Raya Berikan Bendera Merah Putih dan Sembako ke Warga Pinggiran Sungai Siak
Karyawan Ngamuk, Alfamart Buka-Bukaan Potong Gaji 10 persen
Prajurit Yonif MR 413 Bremoro Bersihkan Gereja Pentakosa Bersama Warga
Cegah Corona, Dewan Pers Minta Konpers Tatap Muka Dikurangi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter