Home  / Pemerintahan
Waspadai OTG, Ini Yang Harus Dilakukan Agar Tak Tertular Corona
Sabtu, 11 Juli 2020 | 20:11:08
dr Indra Yovi
PEKANBARU - Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi, meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 atau virus corona. Pasalnya, saat ini semakin banyak ditemui Orang Tanpa Gejala (OTG) yang positif corona.

"Pasien positif corona di Riau ke 239 hari ini, yakni tuan MT (20) adalah salah satu contoh OTG. Ia diketahui positif corona setelah melakukan rapid test untuk syarat pergi ke Jakarta," kata dr Yovi, Sabtu (11/7/2020).

Dari hasil penelitian rapid test yang diketahui reaktif tersebut, kemudian langsung dilakukan pemeriksaan sampel swab. Saat itulah baru diketahui bahwa yang bersangkutan positif corona, meskipun sebelumnya tidak memiliki gejala.

"Jadi cara untuk mencegah tertular virus corona yakni dengan menggunakan masker. Apalagi saat ini sudah dibedakan, mana yang positif corona dan mana yang tidak. Karena dengan menggunakan masker saja, sudah bisa mencegah penyebaran virus corona hingga 70 persen," jelasnya.

Untuk penggunaan masker, dr Yovi juga tidak mengharuskan masyarakat untuk menggunakan masker medis. Masyarakat juga bisa menggunakan masker kain yang dibuat dua lapis, masker ini juga dapat dicuci setelah digunakan.

"Jadi tidak harus menggunakan masker medis, masker kain juga bisa," sebutnya. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Panglima TNI: Pertumbuhan Ekonomi Tidak Boleh Mengurangi Kewaspadaan Penanganan Covid-19
Pasien Positif Covid-19 Rohil Merupakan OTG
Camat Pusako Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan dan Patuhi Protokol Kesehatan
Menkes Terawan Hapus Istilah PDP, ODP, dan OTG Kasus Corona
Alert! WNI di New York Diminta Waspada, Kenapa?

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter