Home  / Pemerintahan
Data Terakhir di Pelalawan, 4 Status ODP dan 4 PDP, 3 RS Siapkan 8 Ruang Isolasi
Jumat, 20 Maret 2020 | 23:04:55
Kepala Dinas Kabupaten Pelalawan, Asril, M.Kes
PELALAWAN, riaueditor.com -  Data yang terakhir terkait dengan virus covid - 19 atau virus corona yang dilaporkan Kepala Dinas Kabupaten Pelalawan, Asril, M.Kes saat tele conference dengan Kadis Kesehatan Propinsi Riau, Jumat (20/3/2020) sore menyebutkan, saat ini ada sebanyak 4 warga Kabupaten Pelalawan berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 4 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Asril meminta masyarakat untuk dapat memahami perbedaan antara ODP dan PDP agar tidak terjadi kesalahpahaman. Menurutnya, Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah orang berpergian di suatu daerah yang ditetapkan rawan akan virus corona. 

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  adalah orang  yang kontak langsung dengan yang telah positif corona dengan adanya gejala-gejala terinfeksi virus corona diantaranya demam, batuk, pilek, dan sesak napas. 

Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan dari tenaga medis. 
"Tahapan menuju suspect, pasien yang PDP ini kita lakukan Swab yakni dengan menguji sampel darahnya dan diteliti di laboratorium. PDP dirawat dan di observasi selama 14 hari dan diisolasi serta dilakukan pengambilan sampel atau swab. 4 orang dalam status PDP hasil labnya belum keluar, namun kondisi ke 4 nya berangsur baik. Warga yang status PDP ada dirawat di Rumah Sakit Siak, Tanjung Balai Karimun, Awal Bross Pekanbaru dan salah satu rumah sakit di Pelalawan," ujarnya. 

Sebelumnya, RSUD masih observasi namun setelah instruksi dari Gubernur Riau bahwa seluruh Rumah Sakit Daerah dan Swasta di Kabupaten/Kota menjadi tempat isolasi, maka saat ini ada 3 Rumah Sakit di Pelalawan dijadikan tempat isolasi yakni di RSUD Selasih 2 ruangan, Evarina 5 ruangan dan Amelia Medika 1 ruangan. 

"Jika ada pasien dari Pelalawan dirujuk ke Rumah Sakit di luar Kabupaten Pelalawan, seperti instruksi Gubri seluruh Rumah Sakit umum daerah dan swasta jadi tempat rawat atau isolasi pasien," ucapnya. 

Ditambahkannya, untuk 4 orang warga Pelalawan berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus diupayakan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Ya 4 orang status ODP ini terus kita pantau dan dilakukan pemeriksaan," tutupnya. (ZoelGomes)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Taiwan Dipuji Bantu Negara Asing Atasi Corona, China Marah
Mayat-mayat Korban Corona di Jalanan, Kota di Ekuador Krisis Peti Mati
Organisasi di Inggris: China Harus Dituntut Rp64.744 Triliun karena Corona
118 Tenaga Medis DKI Jakarta Terpapar Corona
Dua PDP Corona Meninggal di RSPI Sulianti Saroso

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad