Home  / Pemerintahan
Dukung Gerakan Literasi, Penghulu di Siak Harus Fasilitasi Perpustakaan Kampung
Selasa, 25 Februari 2020 | 22:56:37
istimewa
Bupati Siak Alfedri berdialog dengan Mendagri Tito Karnavian usai Rakornas Literasi di Jakarta.
SIAK - Tingkatkan minat dan budaya baca masyatakat, penghulu di Kabupaten Siak diminta memfasilitasi perpustakaan kampung. 

Hal itu ditegaskan Bupati Alfedri usai mengikuti Rakornas dalam mendukung gerakan literasi di Jakarta. 

"Desa punya anggaran Rp 1 miliar per tahun. Ini bisa digunakan untuk membuat perpustakaan desa," tegasnya melanjutkan arahan dari Mendagri Tito Karnavian.

Bagi kampung yang belum memiliki Perpustakaan, Alfedri berharap para penghulu dapat mengalokasikan anggaran dari Dana Desa mulai 2020 ini. 

"Sejauh ini kita sudah melaksanakan arahan Pak Mendagri tersebut. Dari 122 kampung yang ada di Kabupaten Siak, tinggal 34 kampung saja yang saat ini masih belum memiliki perpustakaan," kata Alfedri.
  
Alfedri juga menginstruksikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung agar mengarahkan para Penghulu Kampung dalam membuat prioritas penganggaran. 

Sehingga kampung dapat diarahkan untuk melaksanakan pengadaan buku di Perpustakaan Kampung, yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik kampung masing-masing. 

Perhatian besar yang diberikan untuk pengembangan perpustakaan hingga di kampung-kampung tersebut, menandakan bahwa literasi memiliki peran penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan mampu berdaya saing di era global.

"Kita sedang berupaya merubah mindset masyarakat bahwa perpustakaan itu hanya sebagai gudang buku. Padahal sesungguhnya persepsi yang perlu dipahami pada saat ini bahwa perpustakaan adalah tempat akselerasi dan sarana transfer ilmu pengetahuan," sebutnya. 

Saat ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak telah menyediakan layanan perpustakaan digital yang dapat diunduh di aplikasi playstore.  Pengunjung dapat membaca e-book di aplikasi yang bernama i-Siak baik secara online maupun offline. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kampung Masih Dikuasai Gabungan KKB, Warga Tembagapura Bertahan di Pengungsian
Ini Kata Bupati Alfedri saat Panen Raya Padi di Kampung Laksamana Sabak Auh
Prajurit Satgas 754 Bersama Warga Perbaiki Balai Kampung di Aramsulki
Resmikan Kampung Tangguh Nusantara, Bupati Suyatno Ajak Seluruh Perusahaan Ikut Peduli
Demi Kesehatan Warga, Prajurit Yonif 754 Datangi Kampung Rimer Sary

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter