Home  / Pemerintahan
Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak, Bupati Harris Resmikan Sekretariat Forum Anak Pelalawan
Senin, 27 Januari 2020 | 21:11:57
zul/riaueditor.com
PELALAWAN, riaueditor.com - Bupati Pelalawan H. M. Harris,Senin (27/1/2020) berkesempatan meresmikan Sekretariat Forum Anak Kabupaten Pelalawan (Forapel)  bertempat di kawasan Ruang Publik Kreatif (RPK) Pangkalan Kerinci.Peresmian Forapel bentuk keseriusan Pemkab Pelalawan menjamin dan melindungi hak anak. 

Dalam sambutannya, Bupati Harris menyebutkan Forum Anak merupakan wadah partisipasi anak untuk menampung aspirasi suara anak yang dikelola oleh anak-anak berusia belum 18 tahun, bekerjasama dengan pemerintah dan berperan memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantauan serta evaluasi kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah.

"Forum Anak sangat membantu dalam proses pembangunan. Sebagaimana amanat Peraturan Menteri (Permen) PPPA No. 12 Tahun 2015 tentang panduan partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan, bahwa sebegai pemegang hak, anak harus dilibatkan dalam proses perencanaan pembangunan dari tingkat desa dan kelurahan hingga nasional. Sehingga pembangunan menjadi responsif anak," terangnya.

Ditambahkan Bupati, dirinya merasa bangga di Kabupaten Pelalawan telah terbentuk Forum Anak tingkat Kabupaten sampai dengan kecamatan. Melalui Forum Anak pemenuhan dan perlindungan anak menjadi pekerjaan rumah bersama. Artinya, forum anak ini diharapkn tidak hanya terbentuk diatas kertas saja, tetapi bagaimana pemerintah sampai tingkat desa dan kelurahan bisa memaksimalkan upaya dalam pengembangan forum anak tersebut. Karena sejatinya partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan pada hakikatnya adalah mengangkat sudut pandang anak sebagai subyek (pelaku,red) pembangunan.

"Peran forum anak ini dalam pembangunan adalah dalam rangka mendapatkan hak mereka. Oleh karenanya sebagai wujud tanggung jawab dalam pembangunan forum anak, Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Kb bekerjasama dengan Dinas Pariwisata membangun sekretariat forum anak yang kita resmikan hari ini," ujarnya.      

Sementara itu, Kepala Dinas pemberdayaan perlindungan perempuan, anak dan keluarga berencana (DP3AKB) Pelalawan Fery Zulkarnain Fasda Bino MSi menambahkan, bahwa dirinya berharap juga kepada anak-anak, dengan telah disediakan sekretariat ini akan menambah wawasannya dalam mengembangkan bakatnya dan merumuskan ide-ide yang disampaikan pada musyawarah pembangunan.

"Forum anak yang sudah dibentuk ada di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Manfaatkan sebaik-baiknya sekretariat in, sehingga peran kalian dalam pembangunan sebagai pelopor dan pelapordapat terlaksana dengan baik. Untuk itu, saya mengajak semua pihak dapat bergandengan tangan dalam mengayomi dan memberikan perhatian lebih kepada anak kita, karena mereka adalah masa depan kita," tutupnya. (ZoelGomes)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bupati Kampar Resmikan Puskesmas Pembantu Desa Kota Bangun
Diadang Massa, Polisi Gagal Tangkap Anak Kiai Diduga Cabul
Prajurit Satgas Yonif 754 Kostrad Latih Kedisiplinan Anak-Anak Kampung Trimuris
Ayah di Pekanbaru Bunuh Anak Kandung Setelah Dengar Bisikan Gaib
Anak Bengkalis Juara di Amerika Serikat

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad