Home  / Pemerintahan
Ankas OPD Pemkab Pelalawan Rampung, Hari Ini Gaji ASN Cair
Laporan Aset Tahap Penyempurnaan
Kamis, 16 Januari 2020 | 16:50:23
H Devitson SH.MH, Kepala BPKAD Pelalawan
PELAALWAN, riaueditor.com - Akhirnya, 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas PUPR dan Dinas Pendidikan pada hari ini, Kamis (16/1/2020) telah menyerahkan laporan Aliran Kas (Ankas) ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang sebelumnya menjadi kendala pencairan gaji ASN. 

"Hari ini gaji ASN Pemkab Pelalawan sudah bisa dicairkan. Sementara TPP dan kegiatan tergantung kepada laporan aset dari setiap OPD masing-masing. Tapi jika laporan aset di OPD sudah 100 persen maka kegiatan sudah bisa berjalan melalui APBD 2020. Hanya saja ada beberapa OPD yang belum 100 persen," ujar H Devitson SH.MH, Kepala BPKAD Pelalawan kepada riaueditor.com, Kamis (16/1/2020).

Devitson berharap agar OPD segera menuntaskan laporan Aset agar penggunaan anggaran APBD 2020 dapat digunakan untuk menjalankan program kegiatan. 

"Jika Ankas dari OPD secara keselurahan akan menjadi dasar melakukan pembayaran. Jika ada yang belum menyerahkan laporan tidak akan bisa dilakukan pencairan. Sistem Informasi Manajemen Daerah atau Simda terkoneksi dan terintegrasi satu sama lain. Jika masih ada OPD yang belum melaporkan Ankas ke BPKAD maka OPD lainnya belum bisa menggunakan APBD. Surat Perintah Pencairan Dana atau SP2D harus seluruhnya diinput di keuangan. Namun laporan aset juga berpengaruh dari setiap OPD. Kalau OPD yang sudah 100 persen laporan asetnya sudah bisa jalankan kegiatan, kalau OPD belum tuntaskan laporan aset ya tak bisa menjalankan kegiatan," terangnya.

Kembali dikatakannya, sesuai arahan pimpinan yakni Bupati Pelalawan HM Harris agar realisasi penggunaan anggaran cepat dan tepat waktu guna menghindari keterlambatan seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya.

"Tahun-tahun sebelumnya tentu menjadi berharga bagi Pemkab Pelalawan agar terus berbenah sehingga anggaran bisa digunakan dengan cepat, tepat waktu. Kita menghindari banyaknya proyek gagal lelang akibat tak cukup banyak waktu. Serapan APBD Pelalawan harus betul-betul terealisasi secara maksimal," tukasnya. 

Sebelumnya, memang riaueditor.com kerap memberitakan terkait 2 OPD di lingkungan Pemkab Pelalawan yang tak kunjung menyerahkan laporan Ankas sehingga gaji ASN dan kegiatan OPD terkendala.(ZoelGomes)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Masuk ke Pelalawan Dari Zona Merah Covid-19, Dewan Minta Segera Lapor
Update Covid-19 di Pelalawan, 2 Positif, 11 PDP, 491 ODP Tersebar di 12 kecamatan
6 Ruang Isolasi RSUD Selasih Diisi PDP, Rumah sakit Swasta Harus Terima Pasien
Soal Kabar Minimnya APD, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Pelalawan Angkat Bicara
APD Dinkes Pelalawan Dalam Pesanan, Dewan Minta Berdayakan UMKM Buat APD Standar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad