Home  / Pemerintahan
Banyak Siswa dan Anak di Pelalawan Belum Terima KIA, Ini Penjelasan Nipto Anin
Senin, 13 Januari 2020 | 18:05:48
Nipto Anin, Kepla Disdukcapil Pelalawan
PELALAWAN, riaueditor.com - Apa kabarnya Kartu Identitas Anak (KIA) yang dilaunching Saat Hut Pelalawan 12 Oktober 2019 lalu?. Ternyata hingga kini baru 5 ribu keping blanko KIA saja yang sudah tercetak di Disdukcapil Pelalawan. Wajar saja masih banyak siswa yang diakomodir sekolah maupun anak yang diatas 5 tahun hingga kini belim menerima KIA. 

Menanggapi hal ini,  Nipto Anin Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan kepada riaueditor.com, Senin (13/1/2020) menyampaikan bahwa masalah yang dihadapi terbatasnya mesin cetak blanko yang hanya 1 unit dimiliki oleh Diadukcapil. 

"Mesin cetaknya masih satu unit, perhari normalnya bisa mencetak 50 keping blanko jika lebih bisanya di bawah 100 keping blanko.Untuk penambahan unit paling bisa digesa di APBD-P," paparnya.  

Ditambahkannya, untuk blanko KIA tidak ada masalah, karena 30 ribu keping blanko ada di Disdukcapil Pelalawan. 

"Jika pengurusan untuk balita dibawah 5 tahun bisa cepat karena tidak menggunakan poto,kalau 5 tahun keatas kan pakai poto untuk scannya butuh waktu," ujarnya.  

Nipto Anin berharap agar pihak sekolah yang sudah bekerjasama dengan Disdukcapil untuk menyerahkan data anak yang telah dikumpulkan agar KIA dicetak.

"Tentu sekolah yang sudah menyerahkan data siswa yang akan dicetak,jika belum menyerahkan dihombau untuk segera diserahkan ke Disdukcapil," ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, fungsi KIA memang dipersamakan dengan KTP - El sebagai identitas anak. Selain untuk, perbankan, BPJS, keberangkatan penggunaan pesawat dan lain-lain, tutupnya. (ZoelGomes)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Prajurit Satgas Yonif 754 Kostrad Latih Kedisiplinan Anak-Anak Kampung Trimuris
Ayah di Pekanbaru Bunuh Anak Kandung Setelah Dengar Bisikan Gaib
Anak Bengkalis Juara di Amerika Serikat
Gangguan Pencernaan, Puan Pandan Wangi Gajah 3 tahun Mati di PLG Minas
Anak Bupati Rohil Resmi Ditahan, Sopir dan Ajudan Diburu Petugas

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad