Home  / Pemerintahan
Masuki Fase Penuh, Wagubri dan Bupati Siak Salat Gerhana
Kamis, 26 Desember 2019 | 13:12:07
(foto friedrich edward lumy)
Wakil Gubernur Riau Edy Nasution salat gerhana bersama Bupati Siak Alfedri dan Forkopimda Kabupaten Siak serta warga di lokasi gerhana matahari cincin, Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (26/12/2019).
SIAK SRI INDRAPURA - Mulai masuknya fase gerhana matahari cincin penuh, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution salat gerhana bersama warga dan Bupati Siak, Afedri serta sejumlah forkopimda Kabupaten Siak, Kamis (21/12/2019).

Usai salat gerhana, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Jamaludin membawakan khutbah bagaimana gerhana matahari sejak zaman dahulu hingga saat ini terjadi.

Suhu di lokasi acara Gerhana Matahari Cincin yang dipusatkan di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, akan meningkat menjelang gerhana matahari cincin penuh, dikatakan Thomas.

"Dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin ini, dimana matahari tertutup oleh bulan. Bulan dan matahari berjalan sesuai dengan orbitnya, tanpa dikhawatirkan bertabrakan," kata Thomas.

Ia juga mengatakan, fase gerhana matahari cincin penuh tidak boleh dilihat dengan kasat mata atau menggunakan kacamata biasa. Melihat fenomena gerhana matahari cincin harus menggunakan kacamata khusus.

"Sebab retina mata akan rusak. Begitu juga dengan kamera yang akan mengabadikan gerhana matahari cincin, harus menggunakan pelindung," jelas Thomas, agar perangkat kamera tidak rusak. ***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pohon Bertenaga Matahari di Bandung, Bisa Buat Cas Ponsel
Gerhana dan Hujan Meteor yang Akan Terjadi pada 2020
Indahnya Penampakan Gerhana Matahari di Arab Saudi
Puncak Gerhana Matahari Cincin Terjadi di Siak dan Singkawang
Mitos Gerhana Matahari: Dimakan Iblis sampai Hubungan Seks

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad